Menpora Kukuhkan 324 Atlet ASEAN Para Games 2022, Target Juara Umum

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Senin, 25 Jul 2022 17:31 WIB
Menpora Zainudin Amali, Wali Kota Solo Gibran Rakabumin Raka, dan Mensos Tri Rismaharini saat pengukuhan atlet ASEAN Para Games, Senin (25/7/2022).
Menpora Zainudin Amali, Wali Kota Solo Gibran Rakabumin Raka, dan Mensos Tri Rismaharini saat pengukuhan atlet ASEAN Para Games, Senin (25/7/2022).Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng).
Solo -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi mengukuhkan 324 atlet untuk berlaga di ASEAN Para Games XI di Solo. Mereka pun ditargetkan bisa meraih juara umum dalam kompetisi pada 30 Juli-6 Agustus 2022.

Para atlet mengikuti 14 cabang olahraga, yakni paraatletik, parabadminton, paracatur, paraangkat besi, pararenang, paratenis meja, boccus, parapanahan, sepak bola CP, goalball, basket kursi roda, tenis kursi roda, blind judo, dan voli duduk.

Selain para atlet, ada 14 orang manajer, 83 pelatih, 72 tenaga pendukung, 1 chief de mission (Cdm), 2 wakil Cdm, 33 anggota Cdm, 5 orang psikolog, 4 orang psikiater, 2 orang dokter dan 4 fisioterapis yang dikukuhkan oleh Menpora.


"Atas nama pemerintah mengukuhkan kontingen kita untuk bertanding di ASEAN Para Games XI. Walaupun sebelum-sebelumnya pak ketua umum (NPC) juga menyampaikan Indonesia target juara umum, tapi tadi secara resmi diumumkan oleh Cdm," kata Menpora, Senin (25/7/2022).

Dia meyakini target tersebut tidak sulit dicapai. Sebab saat ini secara terus menerus peringkat Indonesia semakin naik di tingkat dunia.

"Saya yakin dan percaya kita berharap apa yang sudah diikrarkan tadi itu menjadi terealisasi. Karena apa tadi saya sampaikan kita berada di peringkat 43 dunia. Kemudian saya sepakat dengan ketua umum, tangan dingin Cdm (Andi Herman) yang membawa kontingen ke Parampilade di Tokyo, orangnya sama. Jadi saya harap tangan dingin beliau mengantarkan itu," ungkapnya.

Di sisi lain, Menpora juga memastikan kesiapan Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) dalam menyambut para kontingen negara lain. Menurutnya, kontingen mulai berdatangan besok.

"Oleh Mas Wali Kota tadi sudah disimulasikan, bagaimana kontingen tiba, pelayanannya seperti apa. Dan menurut saya ini luar biasa, bahkan mereka tidak perlu mengantre di Imigrasi, semua paspor sudah dikumpulkan dalam pesawat, dan kemudian dokumen kesehatannya vaksin dan lain-lain," ujarnya.



Simak Video "Kontingen Indonesia Sumbang Medali Emas dari Cabor Catur"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/rih)