Atlet ASEAN Para Games Tiba di Solo Mulai Besok, Begini Tahap Cek Kesehatan

Jarmaji - detikJateng
Senin, 25 Jul 2022 16:55 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Gibran Rakabuming Raka meninjau kesiapan Bandara Adi Soemarmo menyambut kedatangan atlet ASEAN Para Games 2022, Senin (25/7/2022).
Menpora Zainudin Amali dan Gibran Rakabuming Raka meninjau kesiapan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, menyambut kedatangan atlet ASEAN Para Games 2022, Senin (25/7/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng
Boyolali -

Para atlet ASEAN Para Games 2022 dijadwalkan akan berdatangan di Solo mulai besok, Selasa (26/7). Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan akan ada pengecekan kesehatan tetapi tidak ada tes swab COVID-19 kepada para atlet dan rombongannya.

"Nanti kita ada pengecekan kesehatan juga. Tapi intinya tidak ada (tes swab). Nanti khusus yang mungkin suhunya di atas normal, mungkin nanti ada swab. Tapi moga-moga tidak ada," ujar Gibran yang juga Ketua INASGOC ASEAN Para Games 2022, di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Senin (25/7/2022).

Gibran mengatakan tes swab untuk mendeteksi paparan virus Corona kemungkinan hanya akan dilakukan kepada atlet dan rombongan yang suhu tubuhnya di atas normal.


Menurut dia, para atlet dari negara-negara peserta ASEAN Para Games 2022 akan mulai berdatangan Selasa (26/7) besok. Mereka ada mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, pada pukul 09.00 WIB dan 12.00 WIB secara berturut-turut hingga sore hari.

"Kedatangan besok Myanmar paling pagi, ya jam 09.00 WIB. Lalu diteruskan negara-negara lain. Setelah jam 12 sampai Magrib. Barengan semua. Tiga negara, Brunei di Cengkareng, Laos juga di Cengkareng. Lalu Timor Leste mampirnya di Bali," jelasnya.

Para atlet delegasi ajang perlombaan olahraga bagi penyandang disabilitas tersebut sebagian besar akan datang ke Solo Selasa besok. Kecuali Brunei Darussalam yang akan tiba pada 27 Juli.

Gibran menegaskan persiapan menyambut kedatangan para atlet dari 11 negara itu sudah siap semua. Mulai dari Bandara Adi Soemarmo sampai ke hotel. Dari bandara, para atlet akan langsung diantarkan ke hotel tempatnya menginap.

"Dari bandara langsung ke hotel. Sudah kita siapkan semua. Pokoknya semua diperlancar dari proses imigrasi, keluar bandara, bagasi dan lain-lain sudah kita kondisikan semua. Tenang saja, pokoknya kita pengin para atlet tidak capek terlalu lama menunggu di sini (bandara), jadi nanti langsung ke hotel," tegasnya.

Transportasi untuk para atlet pun sudah disiapkan. Total ada 130 kendaraan. Terdiri 65 unit minibus wheel chair dan 65 unit non wheel chair. Selain itu juga ada bus-bus low deck dan juga disiapkan kendaraan cadangan.

"Aman-aman. Sudah kita siapkan. (Kendaraan) Cadangan juga sudah kita siapkan, tenang saja," tandasnya.



Simak Video "Kontingen Indonesia Sumbang Medali Emas dari Cabor Catur"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)