'Banjir' Daging Kurban Dusun Krajan Dibagi Per Jiwa, Bayi Baru Lahir Kebagian

'Banjir' Daging Kurban Dusun Krajan Dibagi Per Jiwa, Bayi Baru Lahir Kebagian

Uje Hartono - detikJateng
Selasa, 12 Jul 2022 14:12 WIB
Prosesi kurban Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Minggu (10/7/2022).
Prosesi kurban Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Minggu (10/7/2022). Foto: Uje Hartono/detikJateng
Banjarnegara -

Melimpahnya daging kurban di Dusun Krajan, Desa Batur, Kecamatan Batur, Banjarnegara, viral di media sosial. Saking banyaknya, bayi yang baru lahir pun mendapat jatah daging kurban.

Umumnya, distribusi daging kurban diberikan kepada warga tiap kepala keluarga (KK). Namun di Dusun Krajan, distribusi daging diberikan per jiwa. Mulai warga dewasa hingga anak-anak.

"Untuk distribusi daging kurban di sini diberikan per jiwa. Bahkan, misalnya bayi yang baru lahir sebelum Idul Adha juga mendapat daging kurban," terang panitia kurban Dusun Krajan Fauzi Santoso kepada detikJateng di Desa Batur, Selasa (12/7/2022).


Selain diberikan kepada warga, daging kurban juga didistribusikan ke luar desa hingga luar kabupaten. Pada tahun ini, sedikitnya ada 40 permintaan dari luar Desa Batur.

"Tahun ini ada 40 permintaan untuk penyaluran daging kurban dari luar Batur. Ada dari Banjarnegara kota, Batang, Cilacap dan daerah lain," sebutnya.

Untuk permintaan daging kurban dari luar Desa Batur, biasanya mengirim proposal sekitar satu pekan sebelum pelaksanaan kurban. Permintaan daging kurban biasanya dari yayasan maupun dari pemerintah desa.

"Yang mengajukan proposal untuk permintaan daging itu dari yayasan, ada yang dari desa. Tahun ini ada 40 proposal yang masuk, proposal masuk sekitar satu minggu sebelum penyembelihan hewan kurban," jelasnya.

Fauzi menyebut, dari 74 ekor sapi dan 229 ekor kambing menjadi sekitar 9 ribu bungkus. Dengan berat sekitar 2,5 kilogram sampai 3 kilogram.

"Kalau tahun ini per bungkus beratnya 2,5 kilogram sampai 3 kilogram. Tapi beratnya ini tidak selalu sama setiap tahun. Tergantung banyaknya hewan kurban," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Dusun Krajan, Desa Batur, Kecamatan Batur, Banjarnegara, viral di media sosial saat Hari Raya Idul Adha lalu. Dusun ini 'kebanjiran' daging kurban buntut tingginya antusiasme warga untuk berkurban.

Video penampakan tumpukan daging yang memenuhi ruangan serbaguna berukuran besar di Dusun Krajan berdurasi 14 detik diposting di akun Instagram @Banjarnegaraterkini.

Keterangan dalam postingan itu:

"Kurban Idul Adha 1443H di Batur Krajan Banjarnegara sebanyak 73 Lembu 228 Kambing

Ng ngonmu ana pira lur?"

Saat dimintai konfirmasi, Ketua Panitia Kurban Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Ahmad Hidayat, membenarkan video itu merupakan wilayahnya. Diketahui aula yang terekam video biasanya digunakan warga untuk beragam kegiatan mulai dari badminton hingga kegiatan imunisasi. Dia mengungkap jumlah hewan kurban di Dusun Krajan meningkat dibanding sebelumnya.

"Jumlah hewan kurban, untuk sapi ada 74 ekor dan kambing 229 ekor," kata Ahmad Hidayat, Minggu (10/7).

Ia mengatakan, adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Banjarnegara tidak menyurutkan niat warga untuk berkurban. Terbukti jika dibanding tahun sebelumnya, jumlah hewan kurban tahun ini bertambah.



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)