Dengar Tjahjo Kumolo Wafat, Ganjar Batalkan Agenda dan Terbang ke Jakarta

Dengar Tjahjo Kumolo Wafat, Ganjar Batalkan Agenda dan Terbang ke Jakarta

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Jumat, 01 Jul 2022 15:35 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Magelang, Senin (27/6/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung membatalkan agendanya ke Kebumen setelah mendapat kabar wafatnya Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo. Ganjar berangkat ke Jakarta untuk menghadiri pemakaman.

"Tadi saya mendengar berita ini, rencana saya mau ke Kebumen langsung saya batalkan dan insyaallah saya mau takziyah ke Jakarta. Ini baru menuju ke bandara karena masih menunggu pesawat mampir dulu di tempat warung makan Ibu Ana, manyung yang sangat terkenal, dan semua seperti ndilalah (kebetulan) begitu ya, di belakang saya persis ada fotonya Pak Tjahjo Kumolo sama Ibu Ana. Ternyata beliau juga suka makan di sini," ujar Ganjar di warung makan bu Ana, kata Ganjar saat ditemui sebelum berangkat ke Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Ganjar menyampaikan duka cita atas meninggalnya Tjahjo Kumolo. Dia mengenang sosok Tjahjo Kumolo sosok yang ramah dan tidak suka protokoler sebagai menteri. Ian juga merasa Tjahjo merupakan sosok senior di partai yang sangat mendorong dan memotivasi generasi muda.


"Itu luar biasa. Saya pernah menjadi sekretaris beliau di fraksi, sama Mas Bambang Pacul waktu itu. Terus kemudian waktu beliau jadi Sekjen, kita juga membantu lini-lini partai melalui lembaga-lembaga fungsional partai dan itu menurut saya bagian cara beliau memberi ruang kepada generasi muda," tuturnya.

Sebagai menteri, menurut Ganjar, Tjahjo memiliki banyak terobosan baik saat menjadi Menteri Dalam Negeri maupun MenPAN-RB. Sebagai Mendagri, Tjahjo dikenal sebagai sosok yang terbuka dan suka mendengar suara dari bawah, termasuk dari bupati, wali kota, dan gubernur.

"Bahkan seringkali beliau bertanya bagaimana kondisi sebenarnya dan bagaimana mengusulkan itu. Terakhir menjadi Menteri PAN-RB, beliau sangat aktif mendorong reformasi birokrasi di daerah. Tadi pagi kami juga lagi lomba inovasi di Kemen PAN-RB," kata Ganjar.

"Biasanya beliau menyambut tapi sudah beberapa minggu ini gerah (sakit) dan hari ini kapundhut (wafat), tadi suasana itu belum terasa karena belum ada berita. Tapi itulah aktivitas yang beliau pimpin di KemenPAN-RB yang terus mendorong seluruh lini pelayanan publik ini untuk melakukan inovasi dan memberikan pelayanan terbaik," pungkas Ganjar.



Simak Video "Ganjar Bantah Isu Dirinya Dilarang PDIP ke Luar Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)