Tim Voli Jagoan SBY LavAni Menang Telak Lawan Ganeksa Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Kamis, 30 Jun 2022 18:41 WIB
Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Gunungkidul, Kamis (30/6/2022).
Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Gunungkidul, Kamis (30/6/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Gunungkidul -

Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi GOR Siyono, Kabupaten Gunungkidul hari ini. Dalam kunjungannya, SBY menyaksikan pertandingan persahabatan antara klub voli miliknya Bogor LavAni melawan klub voli asal Gunungkidul Ganeksa Bhumikarta.

Pertandingan persahabatan ini digelar dalam 5 babak. Mengawali pertandingan babak pertama, Ganeksa langsung unggul tiga poin dari LavAni.

Tidak mau tinggal diam, LavAni menunjukkan perlawanan yang sengit hingga akhirnya membalikkan kedudukan dan memenangi babak pertama dengan skor 19-24.


Meski permainan relatif berimbang, LavAni yang merupakan kampiun Proliga 2022 ini masih terlalu kuat bagi Ganeksa. Hasil akhir LavAni unggul dengan skor 5-0. Meski timnya menang telak, SBY tetap memuji penampilan Ganeksa yang tampil cukup baik.

"Menurut saya bagus permainannya meskipun Ganeksa kehilangan set-setnya, tetapi permainannya bagus. Jadi saya kira masyarakat yang menyaksikan happy, senang dengan pertandingan hari ini," ujar SBY usai pertandingan, Kamis (30/6/2022).

Setelah dari Gunungkidul, SBY menyebut LavAni akan melanjutkan pertandingan persahabatan dengan klub voli Yuso Jogja dan klub dari Jawa Timur. Menurutnya, pengalaman bertanding di luar kandang penting untuk meningkatkan kualitas dan skill pemain senior maupun junior.

"Selain itu, tur LavAni ini juga untuk meningkatkan hubungan kebersamaan yang erat antar atlet, khususnya atlet bola voli," ucapnya.

Terlepas dari hal tersebut, SBY menyebut jika olahraga termasuk seni budaya di tanah air berkembang dengan baik membuat masyarakat lebih rukun, dan lebih saling menyayangi. Menurutnya, hal itu bisa mendinginkan suhu politik yang kian memanas jelang Pemilu 2024.

"Kalau hanya politik biasanya keras, kalah menang. Kalau bisnis yang dikejar untung, tetapi meskipun bisnis sangat penting untuk ekonomi kita, rakyat kita, politik juga keniscayaan dalam kehidupan bernegara. Tetapi mari kita isi juga dengan aktivitas masyarakat utamanya olahraga dan seni budaya," kata SBY.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto menyebut pertandingan ini penting untuk meningkatkan perkembangan bola voli di Gunungkidul. Pasalnya potensi bibit-bibit atlet voli di Gunungkidul ini cukup bagus.

"Sebuah kesempatan bisa bertanding melawan tim besar seperti LavAni. Dengan bertanding melawan tim besar seperti ini bisa meningkatkan pengalaman dan evaluasi untuk tim Ganeksa Bhumikarta Gunungkidul," ujarnya.



Simak Video "SBY Bicara Kekhawatiran Pecahnya Perang Dunia Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ams)