Pipa Semburkan Air di Delanggu, PDAM Klaten: Hanya Buang Angin

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Kamis, 30 Jun 2022 17:47 WIB
Pipa PDAM Tirta Merapi Klaten yang menyembur air. (Achmad Hussain Syauqi detikJateng)
Pipa PDAM Tirta Merapi Klaten yang menyembur air. (Foto: Achmad Hussain Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Pipa milik PDAM Tirta Merapi Klaten diduga bocor menyembur di jalan Jogja-Solo, Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. PDAM mendatangi lokasi untuk mengecek lokasi dan hasilnya semburan itu untuk membuang angin.

"Sebenarnya hanya ingin membuang angin saja. Jadi tidak ada kerusakan," jelas Direkrut Teknik PDAM Tirta Merapi Klaten Sigit Setyawan Bimantoro kepada detikJateng, Kamis (30/6/2022) siang.

Sigit menjelaskan setelah ada informasi semburan air dari pipa tersebut, petugas dari wilayah Kecamatan Delanggu mengecek. Semburan air di ventilasi itu awalnya dibuka.


"Tidak ada kerusakan. Kemarin kita buka untuk membuang angin waktu habis perbaikan pipa dan sudah kita benahi," jelas Sigit.

Sebelumnya diberitakan, pipa PDAM di jalan Jogja-Solo, Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah diduga bocor. Kebocoran pipa tersebut membuat air menyembur.

"Setahu saya sudah empat hari. Semakin hari semakin kencang terutama saat siang atau pagi hari," kata salah seorang warga setempat, Andi, kepada detikJateng di lokasi, tadi pagi.

Andi bercerita meski ada kebocoran, aliran air di sekitar lokasi tidak terpengaruh. "Kalau di sekitar sini aliran PDAM tidak ada masalah. Mungkin yang ke selatan sebab aliran ini ke selatan kayaknya," imbuh Andi.

Pantauan detikJateng, hari ini, lokasi kebocoran pipa berada di jembatan jalan Jogja-Solo, Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu. Pipa bercat biru khas PDAM tersebut berada di samping badan jembatan.

Pipa besi tersebut panjangnya sekitar 10 meter. Kebocoran berada di sisi utara pipa yang melintang dari arah utara ke selatan.

Pada sambungan pipa di sisi utara, air tampak menyembur ke atas. Semburan air setinggi sekitar 3 meter itu terlihat dari jalan raya.



Simak Video "Polisi Ciduk Pria Ngaku Anggota Brimob Tipu Janda di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/aku)