Cerita Promotor Rayu Dream Theater untuk Konser di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 30 Jun 2022 07:51 WIB
Jumpa pers konser Dream Theater di Hotel Alila.
Jumpa pers konser Dream Theater di Hotel Alila. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Setelah dinanti-nanti, akhirnya konser Dream Theater di Kota Solo diumumkan secara resmi oleh promotor Rajawali Indonesia. Ternyata butuh waktu cukup lama untuk memastikan band metal progresif itu bersedia tampil di Solo.

"Setelah konser di Ancol batal karena pandemi itu, kami merayu mereka cukup lama agar mau tampil di Indonesia," kata CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimin dalam jumpa pers di Hotel Alila Solo, Rabu (29/6/2022).

Dalam proses itu, Anas sempat bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Saat itulah muncul wacana agar lokasi konser dipindah ke Solo.


"Untuk menentukan lokasi ini kami harus berdiskusi panjang. Mereka minta ukuran detail lokasinya. Kan sempat mau pakai Benteng Vastenburg, akhirnya pakai lapangan parkir Stadion Manahan. Itu juga sampai dibuat 3D-nya," ujar dia.

Anas pun menjelaskan saat ini konser kelas internasional tak harus melulu berada di Jakarta. Rajawali pun pernah mengundang Dream Theater di Yogyakarta.

"Kami juga pernah undang Europe di Boyolali. Memang Indonesia tidak hanya Jakarta. Asalkan infrastruktur tersedia, bisa aja kita adakan konser internasional," ujarnya.

Jika biasanya tur Dream Theater sering digelar berurutan di negara-negara dalam satu kawasan, kini Dream Theater secara spesial hanya tampil di Indonesia. Ada satu negara Asia yang selanjutnya dikunjungi Dream Theater, yakni Jepang.

"Kebetulan ini tidak ada tur di tempat lain di Asia, hanya di Indonesia, baru kemudian Jepang. Jadi kita akan diuntungkan, kemungkinan akan banyak penonton dari negara tetangga yang datang ke Solo," katanya.

Rencananya, band asal Amerika Serikat itu akan tampil selama dua jam. Diperkirakan akan ada 10 ribu penonton yang akan memenuhi halaman Stadion Manahan tersebut.

"Nanti Dream Theater akan tampil sendiri, tanpa band pembuka. Memang mereka ingin demikian," ujarnya.

Adapun konser kali ini bertajuk Top Of The World Tour, yakni tur untuk mempromosikan album terbaru mereka yang berjudul Top Of The World. Namun Anas menyebut John Petrucci dan kawan-kawan juga akan membawakan lagu hits mereka.

"Selain album baru, mereka juga akan membawakan lagu-lagu hits. Tapi sampai sekarang kamu belum mendapatkan set list lagu mereka," ungkapnya.



Simak Video "Jordan Rudess Undang Jokowi ke Konser Dream Theater"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/sip)