Suhu Dieng Minus 1 Derajat Celsius Pagi Ini, Embun di Candi Arjuna Beku

Uje Hartono - detikJateng
Kamis, 30 Jun 2022 07:41 WIB
Banjarnegara -

Fenomena alam akibat turunnya suhu hingga minus 1 derajat celsius di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, kembali terjadi pagi ini. Embun yang menempel di rumput sekitar Candi Arjuna membeku.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng Sri Utami mengatakan berdasarkan pantauannya, embun es terlihat di sejumlah titik. Seperti di dalam komplek Candi Arjuna, Dharmasala dan lapangan di sekitar candi.

"Pagi ini embun di Dieng kembali membeku. Di antaranya terlihat di Candi Arjuna, Dharmasala, dan di lapangan di sebelah candi," kata Utami saat dihubungi detikJateng, Kamis (30/6/2022).


Hingga saat ini, munculnya embun es belum sampai berdampak pada pertanian kentang milik warga. Embun es atau warga Dieng menyebut bun upas ini bisa membuat daun layu, hingga tanaman mati.

"Untuk pagi ini embun baru terlihat di sekitar Candi Arjuna. Belum sampai ke lahan pertanian warga," terangnya.

Sementara berdasarkan alat pengukur suhu udara, pagi ini kompleks Candi Arjuna di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara turun hingga minus 1 derajat celsius.

"Dari semalam sudah dingin, dan paginya kita lihat suhu udara sudah minus 1 derajat celcius. Kalau suhu sudah minus seperti ini memang muncul embun es," ujarnya.

(sip/sip)