Kebakaran Ludeskan 4 Rumah di Sragen, Diduga Gegara Obat Nyamuk

Andy Kurniawan - detikJateng
Senin, 20 Jun 2022 14:23 WIB
Kondisi 4 rumah yang habis terbakar di Padas Sragen, Senin (20/6/2022).
Kondisi 4 rumah yang habis terbakar di Padas Sragen, Senin (20/6/2022). (Foto: dok. Damkar Sragen)
Sragen -

Kebakaran menghanguskan 4 rumah di Desa Padas, Kecamatan Tanon, Sragen, siang tadi. Saksi mata mengungkap, kebakaran diduga dipicu obat nyamuk bakar yang membakar kasur hingga merembet ke dinding rumah yang berbahan kayu.

Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Sragen, Anton Sujarwo menyebut, pertama kali api dilaporkan menyala dari rumah milik Sugiman, warga Dukuh Methuk, Padas, sekitar pukul 10.08 WIB. Saat kejadian, rumah tersebut dalam kondisi kosong.

"Pemilik rumah sedang ke sawah. Hanya ada anaknya bernama Gunawan (34), namun selang berapa lama Gunawan juga pergi mengantar anaknya ke Posyandu. Saat itu saksi lain bernama Candra mengetahui ada api dari bagian kamar," ujar Anton, dihubungi detikJateng, Senin (20/6/2022).


Anton mengatakan, saksi sempat mengecek dan menemukan ada obat nyamuk yang terbakar di kasur. Api kemudian merambat ke perabotan rumah.

"Dugaan api berasal dari obat nyamuk bakar tersebut. Saksi Candra sempat menyelamatkan 1 traktor dan 2 diesel untuk dibawa keluar, setelah itu berteriak minta tolong," kata dia.

Anton menyebut, warga yang mendengar teriakan saksi kemudian menghubungi Polsek Tanon yang kemudian diteruskan ke pihak damkar untuk melakukan pemadaman. Tak kurang 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.

"Saat ini api sudah bisa dipadamkan. Namun dampak kebakaran menghanguskan 4 rumah milik 2 kepala keluarga (KK). Kerugian lain seperti sepeda motor, uang tunai, surat berharga, perhiasan dan peralatan elektronik," pungkas Anton.



Simak Video "Rumah Panggung di Pinrang Ludes Dilahap Api, Tersisa Hanya Rangka"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)