Yakin Isu 3 Periode Mencuat Lagi, Amien Rais: Watak Kekuasaan Emoh Turun

Ari Purnomo - detikJateng
Senin, 30 Mei 2022 15:58 WIB
Politisi senior Amien Rais saat di Solo, Senin (30/5/2022).
Politisi senior Amien Rais saat di Solo, Senin (30/5/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Solo -

Politisi senior Amien Rais kembali bersuara soal wacana jabatan presiden tiga periode. Meskipun, isu tersebut telah meredup, tetapi Ketua Majelis Syuro Partai Ummat itu masih yakin jika wacana tersebut bisa saja kembali mencuat bahkan terealisasi.

"Tiga periode. Saya masih (yakin), bukan curiga tanpa dasar, karena watak dari sebuah kekuasaan di manapun juga bukan hanya di Indonesia emoh (tidak mau) turun," ujar Amien Rais kepada wartawan ditemui di Edutorium UMS, Senin (30/5/2022).

Menurut Amien, ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa tidak ada penguasa baik lelaki maupun perempuan yang kemudian melepaskan kekuasaannya secara sukarela.


"Ini bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga di negara lain. Tidak aneh, dengan akal sehat dan nurani kita, kalau sudah dua periode ya sudah dua, jangan nambah lagi," tuturnya.

"Tapi tetap saja karena ada wacana yang mudah dilakukan akan terjadi," imbuhnya.

Jika memang pada akhirnya akan ada tiga periode, Amien pun mewanti-wanti ke depan semuanya akan semakin tidak pasti. Karena bisa saja, akan muncul wacana empat periode atau lainnya.

"Ini wanti-wanti saya, kalau ada 3 periode Pak Jokowi 15 tahun dengan Pak Luhut itu apa yang akan terjadi. Mumpung belum terlambat, sudah 10 tahun sesuai konstitusi, sudahlah," katanya.

"Kalau nanti tiga kali ada yang ingin 4 kali dan lain-lain. makanya, tidak usah pakai istilah yang muluk-muluk dari khasanah agama dan iklan politik," sambungnya.



Simak Video "Projo Hidupkan Lagi Jokowi 3 Periode, Pengamat: Harus Dikubur Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)