Amien Rais Bicara Kriteria Capres Pengganti Jokowi, Seperti Apa?

Ari Purnomo - detikJateng
Senin, 30 Mei 2022 15:05 WIB
Amien Rais ditemui usai jadi pembicara Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 di Edutorium, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (30/5/2022).
Amien Rais ditemui usai jadi pembicara Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 di Edutorium, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Solo -

Ketua Majelis Syuro Partai Umat Amien Rais bicara mengenai sosok calon presiden yang dianggap layak memimpin setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sosok idaman tersebut.

"Kriteria diperlukan pemimpin nasional apa saja. Jelas langsung tentu betul-betul punya komitmen untuk memelihara ideologi negara yaitu Pancasila," terang Amien Rais usai menjadi pembicara Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 di Edutorium, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (30/5/2022).

Amien Rais lalu menyebutkan kriteria lain yang diperlukan yakni memiliki dedikasi terhadap Bineka Tunggal Ika. Amien Rais pun menyinggung soal keberpihakan ke China maupun Amerika Serikat (AS).


"Dan juga ini penting sekali, menjaga kedaulatan Indonesia. Jadi kalau ada pemimpin yang membawa kita ke arah barat ke Amerika jadi agen Amerika itu jangan pernah dipilih, atau akan membawa Indonesia ke tirai Bambu ke China ya jangan dipilih," terangnya.

Amien Rais berpendapat kedua negara tersebut bukanlah kiblat untuk Indonesia. Sebab, Indonesia mempunyai acuan sendiri sebagai sebuah negara.

"Kiblat kita Jakarta, Indonesia, nanti kalau pindah Nusantara ya kiblatnya Nusantara. Jangan lagi kiblat kita Washington atau Beijing, apalagi Moscow," ungkapnya.

Amien Rais lalu bicara soal analogi demokrasi dengan pasar bebas. Dengan adanya berita, televisi, maupun media sosial menurutnya telah memudahkan masyarakat untuk mengetahui ide-ide calon presiden dan arah kepemimpinannya kelak.

"Untuk melihat ide-ide capres, tentu nanti akan kelihatan yang miring ke China kelihatan, barat kelihatan yang cinta Indonesia juga kelihatan, bahkan yang akan memusuhi salah satu kelompok bangsa itu ya jangan dipilih. Saya sudah tua saya selalu enteng saja menyampaikan nasihat itu," pungkasnya.



Simak Video "Partai Ummat soal Kritik Amien Rais ke Jokowi-Luhut: Negara Sedang Kritis"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/mbr)