Jemaah Umrah Asal Blora Sempat Telantar Tunggu Bus ke Jakarta

Febrian Chandra - detikJateng
Senin, 23 Mei 2022 02:14 WIB
Jemaah umrah asal Blora sempat telantar tunggu bus, Minggu (22/5/2022)
Jemaah umrah asal Blora sempat telantar tunggu bus, Minggu (22/5/2022) Foto: Febrian Chandra/detikJateng
Blora -

Sebanyak 100 calon jemaah umrah asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah sempat telantar di kawasan oleh-oleh blok T sejak siang tadi. Hal ini karena bus yang akan mengantar mereka ke Jakarta baru tiba jelang tengah malam.

Seorang calon jemaah umrah, Sutik, mengaku sudah berada di agen haji dan umrah Pena Tour cabang Blora sejak pukul 11.00 WIB. Sementara calon jemaah umrah lainnya sudah mulai memadati agen tersebut sekitar pukul 13.00 WIB.

"Sampai sekarang belum tahu kapan berangkatnya," kata Sutik kepada detikJateng, Minggu (22/05/2022) pukul 22.00 WIB.

Hal senada juga disampaikan Ahmad Satiyo yang berharap ada kejelasan berangkat umrah. Dia mengungkap biaya untuk umrah ini pihaknya merogoh kocek senilai Rp 29 juta untuk 10 hari.

"Biayanya 29 juta sekian, hampir Rp 30 jutaan. Ya saya berharap segera ada kejelasan keberangkatan. Karena ini sudah agak meresahkan," ungkapnya.

Dia mengungkap bus yang akan mengangkut para jemaah umrah asal Blora ke Jakarta ini sedianya tiba pukul 13.00 WIB. Namun ditunggu hingga malam, bus itu tak kunjung tiba.

"Akhirnya terakhir diprotes agar segera mengeluarkan unit untuk mengantar ke bandara. Tadi kabar terakhir jam 20.30 WIB bus baru keluar dari garasi," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan agen haji dan umrah cabang Blora, Arif Wibowo saat dimintai konfirmasi menyebut kesalahan ini bukanlah suatu yang disengaja.

"Ini kesalahannya ada di agen bus," ucap Arif.

Jemaah umrah asal Blora sempat telantar tunggu bus, Minggu (22/5/2022)Jemaah umrah asal Blora sempat telantar tunggu bus. Setelah menunggu sejak siang tadi, tiga bus pengangkut rombongan jemaah umrah tiba pada Senin (23/5/2022) pukul 00.00 WIB. Bus ini akan mengantar para jemaah ke Jakarta (Foto: Febrian Chandra/detikJateng)

Arif mengatakan pihaknya sudah menghubungi agen bus yang ditunjuk untuk mengantarkan calon jemaah tersebut ke Jakarta. Dari tiga bus yang disiapkan, ada satu yang mengalami rusak sehingga dua bus lainnya menunggu untuk berangkat rombongan.

"Harusnya berangkat jam 3 sore. Nah ini molor karena teknis bus, ada bus yang rusak," ujar dia.

Pantauan di lokasi, bus baru tiba di lokasi Senin (23/5) sekitar pukul 00.00 WIB. Setelah bertanya ke sopir bus, Arif mengungkap ada miskomunikasi dengan agen bus dari Purwodadi itu.

"Informasi awal karena ada kerusakan. Namun sekarang sudah terang benderang, keterlambatan diakbitkan pihak bus menjemput ke Jakarta, ke bandara Soetta (Soekarno-Hatta). Yang seharusnya jemputan dilakukan di Blora," terang dia.

"Jadi tadi mereka (bus) dari Grobogan langsung ke Jakarta. Setelah mendapat informasi ini, mereka langsung balik ke Blora," sambungnya.

Beruntung para jemaah ini dijadwalkan berangkat umrah pada 24 Mei 2022. Arif mengatakan pihaknya memang mengatur ada jeda waktu bagi para jemaah untuk beristirahat setibanya di Jakarta.

"Jadi nggak ada masalah jadwal umrah, karena keberangkatan masih tanggal 24 Mei. Ini saya berangkatkan awal dengan maksud kita istirahatkan di hotel untuk kenyamanan jamaah. Jadi bukan dari daerah langsung didrop di bandara," terang dia.



Simak Video "Jemaah Umroh Diberangkatkan Meski Omicron Mewabah, Ini Kata Kemenag"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)