Ganjar Lantik 4 Pj Kepala Daerah di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Senin, 23 Mei 2022 00:44 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik 4 penjabat kepala daerah, yakni Salatiga, Banjarnegara, Batang, dan Jepara. Pelantikan digelar Minggu (22/5/2022) malam.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik 4 penjabat kepala daerah (Foto: dok. Pemprov Jateng)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik empat penjabat (Pj) kepala daerah di Jateng. Ganjar berpesan agar para penjabat itu memiliki gerakan antikorupsi.

Empat penjabat kepala daerah itu dilantik karena kepala daerah yang menjabat sudah habis masa jabatannya. Mereka yang dilantik yaitu Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Noegroho Rachmadi sebagai Penjabat Walikota Salatiga.

Kemudian Kepala Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Tri Harso Widirahmanto sebagai Penjabat Bupati Banjarnegara. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Edy Supriyanta sebagai Penjabat Bupati Jepara, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Lani Dewi Rejeki sebagai Penjabat Bupati Batang.

"Ada empat yang kita siapkan dan tadi pagi saya komunikasi dengan Mendagri. Beliau mem-briefing kepada kami untuk memberikan rambu-rambu kepada para penjabat ini," kata Ganjar usai pelantikan di gedung Gradhika Bakti Praja, Minggu (22/5/2022) malam.

Ganjar meminta para penjabat kepala daerah bekerja dengan baik. Ganjar berpesan agar para penjabat ini menjalankan pemerintah sesuai dengan kewenangannya.

"Jadi kapan kewenangannya bisa digunakan karena ini berbeda dengan pejabat yang fix hasil dari pilkda, maka tidak boleh mengganti, tidak boleh mencabut izin yang lama, agar stabilisasi pemerintahannya bisa terjaga termasuk netralitas dalam pilkada," jelasnya.

Ganjar pun berpesan agar para penjabat tetap menjaga integritas mereka. Dia meminta keempat penjabat ini untuk melayani masyarakat dan bekerja profesional.

"Saya minta untuk menjaga integritas karena banyak (contoh) yang kemudian bermain-main. Layani masyarakat dengan baik, karena mereka semua PNS saya minta kerja dengan baik, kerja yang profesional. Saya peringatkan juga semua punya gerakan antikorupsi. Ini kan bisa jadi dua tahun (menjabat)," pesan Ganjar.

Ganjar juga meminta agar para penjabat menyebarkan nomor telepon yang bisa diakses masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Ganjar juga bakal mengevaluasi kinerja para penjabat itu setiap tiga bulan sekali.

"Report (laporan) yang ada akan kita evaluasi. Jadi kalau kerjanya bagus ya terus, kalau tidak maka kita akan usulkan nanti untuk mereka dievaluasi. Pesan paling penting itu. Insyaallah dari empat ini sudah masuk dalam TPA (Tim Penilai Akhir) Presiden jadi saya kira sudah diseleksi betul oleh pemerintah pusat," pungkas dia.



Simak Video "Salat Id di Simpang Lima Semarang, Ganjar Jadi Sasaran Selfie Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/ams)