PKL Liar di Kompleks Benteng Vastenberg Solo Ditertibkan

Ari Purnomo - detikJateng
Kamis, 19 Mei 2022 18:06 WIB
Benteng Vastenburg kamp tentara Belanda yang disiapkan jadi rumah karantina Pemkot Solo
Benteng Vastenburg Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Satpol PP menertibkan puluhan pedagang kaki lima (PKL) liar yang selama ini berjualan di kompleks Benteng Vastenburg, Solo. Keberadaan PKL tersebut dinilai melanggar Perda tentang kawasan Cagar Budaya.

"Iya mereka adalah PKL liar, itu melanggar Perda seharusnya di kawasan Cagar Budaya harus steril pedagang, karena itu cagar budaya," kata Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan kepada wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (19/5/2022).

"Jumlah PKL yang ditertibkan di Benteng Vastenburg ada 63 pedagang," sambung dia.


Aris menerangkan jumlah PKL yang berjualan di kawasan Benteng Vastenburg cukup banyak.

"Mereka tidak datang bersih dan kembali bersih, bahkan ada tiga gerobak yang sudah dua minggu tidak berjualan," ujarnya.

Keberadaan para PKL itu, kata Arif, semakin menjamur dalam dua tahun terakhir ini atau semenjak pandemi COVID-19. Aris menyebut jumlahnya pun terus bertambah hingga mencapai puluhan pedagang.

"Sejak pandemi ini jumlahnya semakin banyak, mulai yang di timur benteng itu, Sangkrah sampai dengan yang di sisi utara," katanya.

Arif menyampaikan, penataan para PKL itu akan diserahkan kepada Dinas Perdagangan (Disdag) sebagai pihak yang berwenang.

"Kalau terkait itu (penataan) itu ranahnya Disdag, kami menertibkannya, dan itu kawasan steril tidak boleh berjualan. 1,5 tahun yang lalu sudah kami tertibkan, tapi sekarang ada lagi," ucapnya.

Selain di kawasan Benteng Vastenburg, penertiban pedagang juga menyasar di kawasan Alun-alun Utara yakni pedagang bermobil.

"Dan juga di Taman Tirtonadi itu juga sudah mulai menjamur PKL, kita sudah tertibkan juga," pungkasnya.



Simak Video "Satpol PP Padang Diserang PKL Saat Lakukan Penertiban"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/rih)