CFD Solo Dibuka Minggu Ini, Begini Konsep Penataan PKL Terbaru

Ari Purnomo - detikJateng
Selasa, 10 Mei 2022 18:16 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ari Purnomo/detikJateng)
Solo -

Car Free Day (CFD) Kota Solo bakal mulai digelar pekan ini. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengubah konsep penataan para pedagang kaki lima (PKL) saat gelaran CFD yang mulai dibuka lagi pada Minggu (15/5) mendatang.

Nantinya, para PKL tidak lagi berjualan di sepanjang city walk, melainkan ditempatkan di kantong-kantong PKL.

"City walk ini kan fungsinya untuk pejalan kaki, yang jualan makanan nanti diarahkan ke parkiran Loji Gandrung, parkiran Bank Jateng atau bangunan-bangunan di sepanjang jalan Slamet Riyadi," terang Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (10/5/2022).

Dengan konsep penataan baru ini, Gibran mengatakan, keberadaan para pedagang ini tidak akan mengganggu kawasan pejalan kaki. Selain itu sampah dari PKL juga tidak berserakan.

"(Dengan begitu) Pedagang tidak mengotori jalanan," imbuh Gibran.

Di sisi lain, Pemkot Solo juga melakukan penataan tempat-tempat yang akan digunakan para PKL. Hal ini dilakukan untuk memastikan lokasi yang akan digunakan bisa menampung seluruh PKL.

"Nanti disiapkan titik-titik yang bisa digunakan PKL, tapi didata terlebih dulu berapa jumlah pedagangnya," ucapnya.

Sebab, selama ini jumlah PKL yang biasa berjualan di CFD cukup banyak bahkan mencapai ribuan pedagang. Maka dari itu, pihaknya ingin memastikan bahwa semua PKL bisa terwadahi.

"Selama ini ada ribuan pedagang dari penjual makanan, pakaian hingga suvenir," katanya.

Gibran berharap dibukanya kembali CFD setelah ditiadakan dua tahun bisa menjadi sarana berolahraga warga serta kulineran.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Hari Prihatno menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait sebagai persiapan CFD.

"CFD akan diperpendek kawasannya, jika dulu mulai dari bundaran Purwosari sampai Gladak. Kalau besok hanya mulai dari simpang empat Purwosari sampai dengan bundaran Gladak," kata Hari.

Rute BST bakal dialihkan selama CFD

Sementara untuk rute bus Batik Solo Trans (BST) yang selama ini melintas secara contraflow di Jalan Slamet Riyadi juga akan dialihkan sementara selama gelaran CFD.

"Nanti akan dilewatkan melalui Jalan Perintis Kemerdekaan yang semula satu arah akan dibuat dua arah selama CFD berlangsung dari pukul 05.00-09.00 WIB," ucapnya.

"Nanti ada dua persimpangan yang kami aktifkan, yakni di simpang empat Gendengan dan simpang empat Ngarsopuro," pungkas Hari.



Simak Video "Gibran Bakal Kandangkan Kendaraan Dinas Agar Tak Dipakai Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/sip)