Berkenalan dengan Bocah Pemilik Nama Unik: Hasan Faturahman Apik Ora Um

Uje Hartono - detikJateng
Selasa, 10 Mei 2022 16:07 WIB
Namanya Hasan Faturahman Apik Ora Um bila ditilik dengan bahasa Indonesia menjadi Hasan Faturahman Bagus Tidak Om.
Bocah Banjarnegara pemilik nama unik (Foto: Uje Hartono/detikJateng)
Banjarnegara -

Bagi sebagian orang, nama adalah doa. Tak sedikit juga orang tua yang memberikan nama tak biasa bagi anaknya.

Salah satunya Hasan Faturahman Apik Ora Um. Nama ini menjadi unik karena ditambahi dengan 'Apik Ora Um' yang dalam bahasa Indonesia berarti 'bagus tidak om', sehingga terkesan seperti kalimat tanya. Seperti apa kesehariannya?

detikJateng menemui Hasan di rumahnya di Desa Karangnangka, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara. Saat ditemui, Hasan Faturahman Apik Ora Um itu baru pulang dari SDN Karangnangka 2.

"Tetap percaya diri (memiliki nama Hasan Faturahman Apik Ora Um). Dan tidak ada keinginan untuk mengganti nama," ujar bocah yang akrab disapa Fatur saat ditemui di rumahnya, Selasa (10/5/2022).

Fatur mengaku percaya diri dengan nama pemberian kedua orang tuanya. Saat bermain di sekolah maupun di rumah, Fatur mengaku tak pernah di-bully oleh teman-temannya meski memiliki nama unik. Hanya saja, dia mengaku mendapat pertanyaan dari orang-orang baru tentang namanya.

"Kalau di-bully sama teman-teman tidak pernah. Tetapi kadang ditanya sama orang-orang baru, kenapa namanya ada Apik Ora Um," kata dia.

Namanya Hasan Faturahman Apik Ora Um bila ditilik dengan bahasa Indonesia menjadi Hasan Faturahman Bagus Tidak Om.Namanya Hasan Faturahman Apik Ora Um bila ditilik dengan bahasa Indonesia menjadi Hasan Faturahman Bagus Tidak Om. Foto: Uje Hartono/detikJateng

Cerita di Balik Nama Hasan Faturahman Apik Ora Um

Ibu Fatur, Jamilah mengungkap awal mula pemberian nama anak ketiganya itu. Kala itu Neman, ayah Fatur, bertanya kepada temannya di Jakarta melalui telepon tentang nama anaknya.

"Jadi ceritanya dulu bapaknya itu tanya sama temannya di Jakarta. Karena bapaknya memang kerjanya di Jakarta, tetapi salah arti," ungkap Jamilah.

Saat itu, temannya memberi usul nama Hasan Faturahman. Hanya saja di bagian belakang temannya bertanya Hasan Faturahman Apik Ora Um. Jamilah menegaskan, semestinya Hasan Faturahman Apik Ora Um adalah kalimat tanya, namun salah diartikan.

"Ini salah maksud, sebenarnya teman bapaknya ini kan tanya Hasan Faturahman Apik Ora Um (Hasan Faturahman bagus tidak om?). Eh malah ditulis semua menjadi nama," jelasnya.

Jamilah menyebut nama unik ini hanya diberikan kepada anak ketiganya. Kini bocah kelahiran 1 Agustus 2009 ini duduk di bangku kelas 6 SD dan baru selesai mengikuti ujian sekolah.



Simak Video "Penampakan Hujan Es yang Terjang Banjarnegara"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ahr)