Kerumunan Pemuda Main Petasan di Pekalongan Dibubarkan Gas Air Mata

Robby Bernardi - detikJateng
Jumat, 29 Apr 2022 11:53 WIB
Kerumunan pemuda main petasan di Lapangan Jenggot Pekalongan Selatan dibubarkan polisi. Polisi bahkan menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan, pada Jumat (29//2022) sekitar pukul 05.00 WIB.
Kerumunan pemuda main petasan di Lapangan Jenggot Pekalongan Selatan dibubarkan polisi (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Pekalongan -

Kerumunan ratusan pemuda di Lapangan Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan, terpaksa dibubarkan petugas Polres Pekalongan Kota, pagi tadi. Polisi bahkan menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa.

Pantauan detikJateng di lokasi, pukul 05.00 WIB, petugas sudah beberapa kali mengingatkan para pemuda itu agar tidak menyalakan petasan. Bamun mereka tetap bandel dan bahkan bermain kucing-kucingan dengan polisi.

Hingga akhirnya polisi terpaksa menembakkan gas air mata. Akhirnya massa pemuda itu kocar-kacir meninggalkan lapangan Jenggot.


Sejumlah kendaraan yang ditinggalkan langsung diamankan petugas kepolisian. Ratusan petasan berbagai ukuran hingga yang berukuran jumbo juga turut diamankan petugas kepolisian.

"Kami menerima laporan warga langsung kami tindak lanjuti dengan datang ke lokasi ini. Kerumunan kita bubarkan. Sebelumnya telah kita himbau dilarang untuk menyalakan petasan karena membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain," kata Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, pada detikJateng, Jumat (29/4/2022).

Dia menyebut kendaraan maupun petasan yang ditinggalkan para pemuda itu diamankan polisi. Wahyu mengatakan banyak barang bukti petasan yang belum disulut dari kegiatan pagi tadi.

"Untuk kendaraan yang ditinggalkan begitu saja, kita amankan di Mapolsek Pekalongan Selatan. Kita mengamankan juga petasan yang belum dinyalakan," tambah Wahyu Rohadi.

Pihaknya menghimbau agar warga tidak menyalakan petasan, karena sangat berbahaya baik diri sendiri maupun orang lain. Untuk diketahui, selama bulan Ramadan, remaja dan pemuda di wilayah Pekalongan, biasa jalan-jalan usai subuh.

Mereka lalu beramai-ramai ke lapangan untuk menyalakan petasan. Warga pun terganggu sehingga melaporkan hal ini ke polisi.



Simak Video "Polisi Musnahkan Bahan Pembuat Petasan Seberat 27 Kg, 6 Pelaku Diciduk"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)