Perawat Satwa Tewas Diterkam Harimau, Plh Bupati Minta Bonbin Lakukan Ini

Uje Hartono - detikJateng
Senin, 18 Apr 2022 19:15 WIB
Kandang harimau di Serulingmas Zoo Banjarnegara, Senin (18/4/2022).
Kandang harimau di Serulingmas Zoo Banjarnegara, Senin (18/4/2022). (Foto: Uje Hartono/detikJateng)
Banjarnegara -

Pengelola Serulingmas Zoo diminta untuk melakukan evaluasi soal insiden harimau yang menerkam salah seorang karyawannya hingga tewas. Mengingat kejadian serupa bukan kali pertama terjadi di Serulingmas Zoo.

"Kami menyayangkan, ketika prosedur sudah ada tapi ada kelalaian, terjadilah korban. Hanya ternyata korbannya itu pelaku kegiatan itu sendiri," ujar Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin saat ditemui di kantornya, Senin (18/4/2022).

Pihaknya meminta kepada pihak pengelola Serulingmas Zoo untuk melakukan evaluasi. Pasalnya, kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2011 lalu.


"Tadi kami sudah memanggil pihak Serulingmas untuk berbenah. Agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Serulingmas Zoo Lulut Yekti Adi mengatakan siap melakukan pembenahan. Terutama sistem pemberian pakan dan bentuk kandang.

"Kami akan melakukan pembenahan baik itu sistem pemberian pakan maupun kandangnya," ujar Lulut.

Namun mengenai kejadian serupa pada tahun 2011, Lulut mengaku belum tahu pasti. Mengingat saat itu, ia belum berada di Serulingmas Zoo.

"Saat itu kami belum di sini jadi tidak tahu. Dan dulu kan belum menjadi perusda (perusahaan daerah)," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seekor harimau benggala koleksi Serulingmas Zoo menyerang salah satu karyawan perawat satwa hingga tewas.

Direktur Serulingmas Zoo Lulut Yekti Adi menduga korban kehabisan darah usai mengalami luka gigit di bagian leher dan luka cakar di punggung. Hal tersebut yang membuat korban akhirnya meninggal dunia.

"Korban meninggal akibat kehabisan darah. Tapi kalau untuk kejadian seperti apa di TKP itu masih dalam penyelidikan Polres dan BKSDA," kata Lulut kepada wartawan saat jumpa pers di kantor Serulingmas Zoo, hari ini.

Lulut membantah jika penyebab harimau menyerang salah satu karyawannya lantaran kekurangan pakan. Sebab, pihaknya selalu memberikan pakan sesuai aturan dan di bawah pengawasan BKSDA terkait nutrisinya.

Ia menyebut, Serulingmas Zoo mempunyai tujuh ekor harimau benggala. Saat ini semua harimau dimasukkan ke kandang, termasuk yang menyerang salah satu perawat satwa.



Simak Video "Penampakan Hujan Es yang Terjang Banjarnegara"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/rih)