Arus Mudik 2022

Cegah Tragedi Brexit Berulang, Basarnas Siagakan 5 Helikopter di Tol Trans Jawa

Afzal Nur Iman - detikJateng
Senin, 11 Apr 2022 14:36 WIB
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat di Kantor SAR Semarang, Senin (11/4/2022).
Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi saat di Kantor SAR Semarang, Senin (11/4/2022). (Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng)
Semarang -

Pihak Basarnas akan menyiagakan lima helikopter di sepanjang jalur Tol Trans Jawa selama arus mudik. Hal itu untuk mencegah tragedi kemacetan Brexit (Brebes exit) tahun 2016 berulang.

"Kejadian seperti tahun lalu 2016 di Brexit untuk bisa tidak terulang lagi," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi saat di Kantor SAR Semarang, Perumahan Permata Puri, Ngaliyan, Semarang, Senin (11/4/2022).

Henri menyebut, lima helikopter itu akan disiagakan sepanjang jalur tol Trans Jawa. Mulai dari Merak, hingga di Jawa Timur.


"Kita siapkan ada lima helikopter. Mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah di sini, yang di Cikampek dan juga di Merak," ujarnya.

Selain itu, lanjut Henri, seluruh personel di wilayah dan relawan juga akan dikerahkan. Henri menyebut anggota SAR tidak akan diliburkan selama periode arus mudik.

"Kantor SAR Semarang sendiri hanya 140 personel, mereka tidak ada cuti, tidak ada lebaran, mereka siaga 1x24 jam," jelasnya.

Periode arus mudik sendiri akan dimulai pada 25 April dan berakhir pada 11 Mei. Selain memantau arus mudik, SAR juga akan memantau tempat-tempat wisata yang ramai terutama di hari kedua Lebaran.

"Hasil analisis kemudian statistik kecelakaan dan statistik membahayakan manusia itu ada di setelah hari kedua," kata Henri.

"Masyarakat hari kedua banyak ke tempat rekreasi dan biasanya kejadiannya yah di pantai," imbuhnya.



Simak Video "H-4 Lebaran, 134 Ribu Penumpang Terbang Lewat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)