Pesan Ketua PCNU Solo ke Mangkunegoro X: Mualaf Tidak untuk Main-main

Ari Purnomo - detikJateng
Sabtu, 12 Mar 2022 20:58 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) saat menghadiri Jumenengan Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022). Pura Mangkunegaran menggelar Jumenengan atau upacara kenaikan takhta GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunagoro X dan mengundang sejumlah tamu undangan diantaranya dari Keraton Kasunanan Solo, Keraton Kasultanan Yogyakarta dan Pura Pakualaman Yogyakarta. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.
Jumenengan Mangkunegoro X di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022). Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA.
Solo -

Ketua PCNU Kota Solo HM Mashuri memberikan pesan khusus kepada GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebelum dinobatkan sebagai KGPAA Mangkunegoro X.

Pesan itu disampaikan ketika keduanya bertemu di makam para Pengageng Mangkunegaran di Girilayu beberapa waktu lalu.

"Saya kebetulan bertemu dengan beliau saat ziarah di Girilayu. Saya pesan kepada beliau agar harus dekat dengan kiai dan ulama," terang Mashuri saat dihubungi detikJateng, Sabtu (12/3/2022) malam.


Mendapatkan pesan khusus tersebut, kata Mashuri, Bhre mengaku siap untuk menjalankannya.

"Ya nanti tak sowan (menghadap)," kata Mashuri menirukan ucapan Bhre waktu itu.

Selain itu, pada kesempatan ziarah terakhir Bhre ke makam leluhurnya itu, Mashuri juga memberikan pesan agar Bhre dekat dengan NU.

"Karena sejak Walisongo sampai Mataram Islam ala NU semua. Saya juga akan mendampingi kalau nanti sudah berkunjung ke NU," paparnya.

Terkait dengan posisi KGPAA sebagai seorang mualaf, Mashuri mewanti-wanti agar dijalankan dengan sepenuh hati. Jangan sampai, perpindahan agama tersebut dilakukan hanya demi jabatan semata.

"Mualaf tidak untuk main-main, jangan karena jumenengan (lalu jadi mualaf), itu dari hati. Kalau syariat nanti bisa menyusul," pungkasnya.



Simak Video "GPH Bhre Cakrahutomo Diangkat Jadi Mangkunegara X"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)