Ini Penyebab Paundra Tak Hadiri Jumenengan Mangkunegoro X

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Sabtu, 12 Mar 2022 17:24 WIB
Ilustrasi Paundrakarna
GPH Paundrakarna (Ilustrator: Edi Wahyono)
Solo -

Putra sulung mendiang KGPAA Mangkunegoro IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, tidak hadir dalam pengukuhan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X. Paundra disebut masih berada di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN) Satyotomo. Namun, dia enggan berkomentar terkait alasan Paundra tidak datang.

"Mas Paundra di Jakarta. Saya kira bisa dipahamilah alasannya (tidak datang), tapi saya tidak komentar tentang itu," kata Satyotomo usai acara jumenengan di Puro Mangkunegaran, Sabtu (12/3/2022).

Ditanya terkait adanya masalah dengan Paundra, Satyotomo menilai situasi Mangkunegaran baik-baik saja. Menurutnya, Paundra juga sudah berpamitan dengan banyak pihak.

"Nggak ada apa-apa. Kemarin mau berangkat sudah pamitan sama keluarga juga. Tidak ada masalah, semua akan kembali pada waktunya," ujarnya.

Seperti diketahui, GPH Paundrakarna juga digadang-gadang sebagai salah satu calon KGPAA Mangkunegoro X. Namun, pada akhirnya GPH Bhre yang diangkat menjadi adipati.

GPH Paundrakarna dan GPH Bhre muncul bersama di hadapan publik terakhir kali saat peringatan 100 hari mangkatnya Mangkunegoro IX. Mereka berdua bahkan sempat terlihat berpelukan.

Namun belakangan, Paundra lewat media sosialnya meluapkan kekecewaannya kepada Bhre hingga ke kerabat Mangkunegaran. Terakhir dia juga terlihat berpamitan dengan mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan menyampaikan telah legawa atas keputusan pengangkatan Mangkunegoro X.



Simak Video "Momen Jokowi Beri Selamat Atas Pengukuhan KGPAA Mangkunegoro X"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)