Jumenengan Mangkunegoro X, Paundra Tak Tampak Hadir

Ari Purnomo - detikJateng
Sabtu, 12 Mar 2022 11:06 WIB
Suasana jumenengan KGPAA Mangkunegoro X, Sabtu (12/3/2022).
Suasana jumenengan KGPAA Mangkunegoro X, Sabtu (12/3/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Solo -

Prosesi jumenengan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X dihadiri oleh ratusan tamu undangan. Akan tetapi, dari para tamu undangan, tidak tampak kakak tiri Bhre, GPH Paundrakarna Sukma Putra Jiwanegara.

Sebelumnya, Paundra menyampaikan akan bertemu dengan Megawati Soekarnoputri dan Guntur Soekarnoputra selaku Bude dan Pakdenya. Hal itu dikatakan Paundra saat mengunjungi kediaman mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dari pantauan detikJateng di Puro Mangkunegaran, Sabtu (12/3/2022), terlihat pejabat penting hadir dalam prosesi sakral tersebut, termasuk raja-raja Mataram Islam.


Terlihat datang paling awal adalah putra mahkota Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Purbaya sekitar pukul 09.20 WIB. Beberapa menit kemudian, hadir Raja Keraton Kasunanan Surakarta SISKS Pakubuwono XIII.

Selanjutnya, hadir Adipati Puro Pakualaman sekaligus Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Sementara itu, Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X hadir pukul 10.05 WIB.

Selain itu, juga terlihat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, anggota DPR RI Aria Bima, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Para tamu istimewa ini duduk di area paringgitan. Tempat ini dikhususkan untuk tamu kerajaan dan keluarga inti dari Mangkunegoro IX.



Simak Video "Momen Jokowi Beri Selamat Atas Pengukuhan KGPAA Mangkunegoro X"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/rih)