Melihat Persiapan Terkini Jelang Penobatan Mangkunegoro X Besok

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Jumat, 11 Mar 2022 17:37 WIB
Puro Mangkunegaran tengah bersiap menjelang penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X, Jumat (11/3/2022).
Puro Mangkunegaran tengah bersiap menjelang penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X, Jumat (11/3/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Solo -

Puro Mangkunegaran tengah bersiap menjelang penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X, Sabtu (12/3) besok. Sejumlah persiapan di lokasi tengah dilakukan, baik terkait prosesi maupun untuk penyambutan tamu.

Pantauan detikJateng, Jumat (11/3/2022) sore, terlihat sejumlah petugas tengah menata kursi-kursi di bagian pendopo. Ada ratusan kursi yang sudah disiapkan.

Pada bagian tengah pendopo tampak dipasangi sekat-sekat pembatas. Lokasi tersebut nantinya dipakai untuk prosesi penobatan Mangkunegoro X.

Kemudian di sisi timur pendopo terlihat ada tiga set gamelan yang sudah disiapkan. Tiga gamelan ini akan dibunyikan dalam rangkaian prosesi besok.

Puro Mangkunegaran tengah bersiap menjelang penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X, Jumat (11/3/2022).Puro Mangkunegaran tengah bersiap menjelang penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X, Jumat (11/3/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)

Sementara di bagian halaman, sudah terlihat sejumlah karangan bunga berjajar. Di antaranya dari Danlanud Adi Soemarmo, Dandim 0735/Surakarta, Persis Solo dan Batik Keris.

Selain itu, di Koridor Ngarsopuro juga terlihat ucapan turut berbahagia atas kenaikan takhta GPH Bhre menjadi Mangkunegoro X.

Puro Mangkunegaran tengah bersiap menjelang penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X, Jumat (11/3/2022).Puro Mangkunegaran tengah bersiap menjelang penobatan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X, Jumat (11/3/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)

Diberitakan sebelumnya, Pengageng Wedhana Satrio Puro Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso, mengatakan bahwa undangan untuk tamu sudah seluruhnya dibagikan. Namun dia enggan menyebutkan siapa saja pejabat tinggi yang bakal hadir.

"Undangan sudah tersebar semuanya, kita dapat batasan ada 300 tamu. Kalau urusan itu bagian seksi undangan, saya tidak tahu," ungkap dia, Selasa (8/3).

Beberapa undangan khusus diantar oleh utusan Mangkunegaran, bahkan diantar oleh Bhre secara langsung. Seperti undangan untuk raja Keraton Kasunanan Surakarta, SISKS Pakubuwono (PB) XIII yang diantar oleh Bhre sendiri.

"Untuk Keraton (Surakarta) diantar Gusti Bhre sendiri. Kalau untuk Yogyakarta (Kasultanan Yogyakarta dan Pakualaman) ada utusan khusus, mengingat jarak dan waktu. Ini tradisi, sebagai bentuk kerukunan catur sagatra (empat penerus Mataram Islam)," katanya.

Terkait urutan acara prosesi jumenengan, Lilik enggan menjelaskan secara detail. Namun di antaranya ialah adanya tari Bedhaya Anglir Mendung yang dibawakan saat kenaikan takhta dan rutin setiap peringatan kenaikan takhta setiap tahun.

"Prosesi dimulai pukul 10.00 WIB. Kalau prosesinya besok langsung saja, karena ini sakral, harus dijaga," pungkasnya.



Simak Video "Momen Jokowi Beri Selamat Atas Pengukuhan KGPAA Mangkunegoro X"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)