Corona di Solo Ngegas! Ruang Isolasi COVID RSUD dr Moewardi Sisa 20 Kamar

Ari Purnomo - detikJateng
Rabu, 02 Mar 2022 18:17 WIB
RSUD dr Moewardi Solo.
RSUD dr Moewardi Solo. (Foto: Ari Purnomo/detikJateng)
Solo -

Jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD dr Moewardi, Solo terus bertambah. Saat ini ruang isolasi COVID di rumah sakit tersebut hanya tersisa 20 kamar.

"Kami menyiapkan 200 kamar untuk pasien COVID-19, sekarang sudah terisi 180 jadi yang tersisa hanya 20 kamar untuk isolasi," terang Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Moewardi Heri Dwi Purnomo saat ditemui detikJateng di rumah sakit, Kamis (2/3/2022).

Heri menambahkan, jumlah ini menjadi yang terbanyak setelah gelombang kedua atau masa merebaknya varian Delta dulu. Meski begitu, kata Heri, pihaknya akan menyiapkan kamar isolasi tambahan jika memang diperlukan.


"Dulu kami menyediakan 625 kamar untuk isolasi, berhubung pasien COVID-19 sudah menurun jumlahnya kami kurangi menjadi 200 kamar saja. Sisanya dikembalikan untuk pasien umum," laparnya.

"Tetapi, jika nantinya ada tambahan kami juga akan mengalihkan kamar pasien biasa menjadi ruang isolasi pasien. Tapi semoga saja tidak," sambung Heri.

Pasien yang dirawat di RSUD dr Moewardi, kata Heri, kebanyakan dari wilayah Solo Raya. Meski begitu, tidak sedikit pula yang dari wilayah Jawa Tengah (Jateng), mengingat RSUD dr Moewardi menjadi rujukan pasien COVID-19.

"Kebanyakan dari Solo Raya, pasien anak juga banyak dari 180 pasien, 35 di antaranya anak-anak," ungkapnya.

Mengenai kondisi pasien yang dirujuk ke RSUD dr Moewardi, Heri menyampaikan, rata-rata kondisinya sudah parah atau terlambat ditangani.

"Ada yang membaik dan memburuk, yang dirujuk ke sini kondisinya buruk membutuhkan perawatan dengan perlengkapan yang lebih lengkap," terang dia.



Simak Video "Pelonggaran Aturan Pakai Masker, Gibran: Tunggu Instruksi Gubernur"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ams)