Round-Up

Reaksi Paundra-Roy Setelah Bhre Ditetapkan Jadi Mangkunegoro X

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 02 Mar 2022 07:31 WIB
GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. Keduanya pun sempat foto bersama di pusara sang ayah.
GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara (kiri) dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. (Foto: Andy Kurniawan/detikJateng)
Solo -

Pura Mangkunegaran mengumumkan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X. Rencananya Bhre akan dinobatkan pada 12 Maret mendatang.

Selama ini, ada tiga nama yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat penerus takhta Pura Mangkunegaran. Selain Bhre, ada pula nama GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara dan KRMH Roy Rahajasa Yamin.


Paundra yang merupakan putra tertua mendiang KGPAA Mangkunegoro X buka suara terkait penetapan Bhre sebagai Mangkunegoro X tersebut.

Paundra menyebut bahwa memang nasibnya dikondisikan sedemikian rupa oleh orang-orang di sekitarnya.

"Jangan sekarang (memberi tanggapan)," ujar GPH Paudra kepada detikJateng, Selasa (1/3/2022) malam.

Paundra mengatakan pada saat yang tepat dia akan memberikan pernyataan lengkap terkait suksesi di Pura Mangkunegaran tersebut. Putra sulung Mangkunegoro IX dari pernikahan dengan Sukmawati Soekarnoputri tersebut mengaku butuh waktu khusus untuk menata hatinya.

"Tapi saya kuat, Mas. Kuat. Keluarga Sukarno harus tahan banting. Saya beri bonus pernyataan ya. Keluarga Sukarno itu dengan rezim yang itu sudah mengalah 32 tahun, sekarang Paundra malah mengalahnya 33 tahun lho," lanjutnya tanpa bersedia menjelaskan lebih lanjut makna kalimatnya tentang mengalah 33 tahun tersebut.

Namun demikian, Paundra menegaskan bahwa hingga sejauh ini dia belum bisa menanggapi keputusan Pura Mangkunegaran tersebut. Dia mengaku masih akan bertemu dulu dengan keluarga besar Sukarno.

"Saya baik-baik saja. Saya harus menerima lelakon (nasib) yang sudah dikondisikan seperti ini dari orang-orang di sekitar saya. Tapi jangan sekarang omongnya. Saya ngleremke ati (menenangkan hati) dulu. Ini lakuning urip (jalan hidup) saya. Saya orang yang percaya pada rencana Tuhan dan maunya Tuhan," ujarnya.

"Habis ini saya akan sowan dulu, matur (menyampaikan) kepada Pakdhe Guntur (Guntur Soekarnoputra), Budhe (Megawati Soekarnoputri) dan ibu saya," pungkasnya.

Sementara itu, Roy dikabarkan telah mendengar adanya pengumuman bahwa Bhre telah ditetapkan sebagai Mangkunegoro X. Dia juga telah menerima keputusan itu.

"Saya tadi sudah telepon dengan Mas Roy dan dia mengatakan sudah mendengar serta menerima keputusan itu," kata adik ipar Roy, Seno Adjie saat dihubungi, Selasa (1/3/2022).

Cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin.Cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng

Apalagi, dalam surat yang beredar, penetapan itu juga diikuti oleh GRA Retno Satuti yang tidak lain merupakan ibu kandung Roy.

"GRA Retno Satuti sebagai kakak tertua mendiang Mangkunegoro IX terlibat dalam keputusan itu," kata Seno.

Meski demikian, Seno mengatakan bahwa dia belum mengetahui sikap yang akan diambil oleh Roy terkait hasil penetapan ini.

"Saya baru besok siang akan bertemu dengan Mas Roy. Hari ini baru bisa berkomunikasi lewat telepon," kata Seno.

"Secara pribadi saya sendiri berharap agar keputusan yang diambil ini memang sudah melalui pembicaraan yang disepakati oleh semua pihak," kata Seno menambahkan.

Roy sendiri merupakan salah satu kerabat dekat dari Pura Mangkunegaran sehingga disebut-sebut juga memiliki peluang untuk menduduki takhta. Ibunya, GRA Retno Satuti merupakan anak tertua dari Mangkunegoro VIII.

Sedangkan ayahnya, Dang Rahadian Yamin merupakan anak dari Pahlawan Nasional Mohammad Yamin.



Simak Video "GPH Bhre Cakrahutomo Diangkat Jadi Mangkunegara X"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/rih)