Round-Up

GPH Bhre Ditetapkan Jadi Mangkunegoro X

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 02 Mar 2022 06:59 WIB
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Sukma Putra dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah.
GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo di pusara sang ayah. (Foto: Andy Kurniawan/detikJateng)
Solo -

Pura Mangkunegaran akhirnya mengumumkan penerus takhta pengganti KGPAA Mangkunegoro IX. Putra dari permaisuri, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunegoro X.

Hal tersebut diumumkan oleh Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilik Priarso, dalam jumpa pers di Pura Mangkunegaran. Dalam acara tersebut, Lilik hanya membacakan wara-wara atau pengumuman.

"Setelah dilakukan pertemuan keluarga, dengan tulus ikhlas sepakat dengan Prameswari-Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegoro IX, menetapkan Gusti Pangeran Haryo Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, SH sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adhipati Ario Mangkunegoro X," kata Lilik membacakan wara-wara, Selasa (1/3/2022).


Adapun yang bertanda tangan pada wara-wara tersebut adalah Gusti Raden Ayu Retno Satuti Suryahadiningrat dan Gusti Raden Ayu Retno Rosati Notohadiningrat, yang merupakan dua adik kandung mendiang Mangkunegoro IX. Penobatan akan dilakukan pada 12 Maret 2022 mendatang.

"Tata cara adat Jumenengan-Dalem akan dilaksanakan Sabtu Pahing tanggal 8 Ruwah Alip 1955 atau 12 Maret 2022," ujar dia.

Penetapan GPH Bhre sebagai Mangkunegoro X menjawab pertanyaan setelah kekosongan pengageng Istana Mangkunegara pascamangkatnya Mangkunegoro IX 13 Agustus 2021 lalu.

Sepeninggal Mangkunegoro IX, ada tiga nama yang disebut-sebut layak menjadi pengganti yakni, GPH Paundra (putra Mangkunegoro IX dari pernikahannya dengan Sukmawati Soekarnoputri), GPH Bhre (putra Mangkunegoro IX dari pernikahannya dengan permaisuri) dan KRMH Roy Rahajasa Yamin yang merupakan kemenakan Mangkunegoro IX.

Berikut ini isi lengkap wara-wara berbahasa Jawa tersebut:

Wara-wara

Awit saking keparengipun Prameswari-Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX, kula: Gusti Raden Ayu Retno Satuti Suryahadiningrat saha Gusti Raden Ayu Retno Rosati Notohadiningrat, ingkang minangka hamakili kulawarga saha sadherek-sadherek (sawarga) Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adhipati Ario Mangkunagoro IX, hambiyawaraaken:

1. Hanguningani Surud Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro IX ing dinten Jumat Legi, tanggal 4 Suro Alip 1955 surya kaping 13 Agustus 2021.

2. Sasampunipun kawontenipun pepanggihan saking kulawarga saha sedherek-Dalem (sawarga) Sampeyan-Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adhipati Ario Mangkunagoro IX, ingkang minangka hanetepi wajibing paugeran adat, kanthi tulus ikhlas ing manah sarujuk, saha hanyengkuyung dhumateng Prameswari-Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX, anemtokaken putradalem:

Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo SH, kajumenengaken Kanjeng Gusti Pangeran Adhipati Ario Mangkunagoro X

Dene tata cara adat Jumenengan-Dalem badhe kalampahaken ing dinten Sabtu Pahing tanggal 8 Ruwah Alip 1955 utawi surya kaping 12 Maret 2022.


Surakarta, 25 Februari 2022

terjemahan:

Pemberitahuan
Atas perkenan Permaisuri Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX, saya: Gusti Raden Ayu Retno Satuti Suryahadiningrat dan Gusti Raden Ayu Retno Rosati Notohadiningrat, yang mewakili keluarga dna kerabat Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adhipati Ario Mangkunagoro IX, mengumumkan:
1. Berkaitan dengan mangkatnya Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro IX pada hari Jumat Legi, tanggal 4 Sura Alip 1955, surya kaping 13 Agustus 2021.
2. Selanjutnya, dilakukan pertemuan keluarga dan kerabat mendiang Sampeyan-Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro IX untuk menjalan kewajiban menjaga aturan adat, dengan tulus ikhlas kami sepakat dan mendukung keputusan Permaisuri Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX, menetapkan putradalem:

Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo SH, dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro X

Sedangkan tata cara penobatan akan dilaksanakan pada Sabtu Pahing tanggal 8 Ruwah Alip 1955 atau 12 Maret 2022.

Surakarta, 25 Februari 2022


Profil GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo

Berikut ini profil GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, anak bungsu mendiang KGPAA Mangkunegoro IX.

Sepanjang hidupnya, GPH Sudjiwo Kusumo yang kemudian dinobatkan sebagai KGPAA Mangkunegoro IX, menikah dua kali. Pertama menikah dengan Sukmawati Soekarnoputri, saat itu dia masih menjadi berstatus pangeran.

Dari pernikahannya dengan Sukmawati, lahir dia anak yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GRAy Putri Agung Suniwati. Pernikahan untuk berakhir pada perceraian.

Pernikahan kedua dengan Prisca Marina saat dia sudah menjadi KGPAA Mangkunegoro IX. Selanjutnya Prisca diangkat menjadi permaisuri dengan nama Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX. Dari pernikahan inilah lahir dua anak yakni GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo dan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo.

Lahir pada 29 Maret 1997 Bhre merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Dilansir dari situs puromangkunegaran.com, Bhre yang tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI berhasil mendapatkan gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot) adalah pertandingan pengadilan semu yang diselenggarakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law. Sedangkan Pre-moot adalah pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot.

Di akhir hayat ayahandanya, Bhre mendapatkan tugas penting. Dia diberi tanggung jawab dalam proyek renovasi Pura Mangkunegaran yang sedang dilakukan pemerintah.

Bhre juga sudah mulai tampil dalam berbagai acara Pura Mangkunegaran sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya pernah menjadi cucuk lampah atau orang yang berada di barisan terdepan saat kirab pusaka malam 1 Suro.

Dari garis keturunan ibunya, Bhre adalah cucu dari diplomat kenamaan. Kakeknya adalah mendiang Letjen (Purn) Yogi Supardi, mantan perwira tinggi TNI AD yang juga pernah menjabat sebagai Dubes RI di Jepang pada masa Orde Baru.



Simak Video "GPH Bhre Cakrahutomo Diangkat Jadi Mangkunegara X"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/rih)