Penerus Dinasti Mataram Islam, Mangkunegaran Tegaskan GPH Bhre Muslim

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Selasa, 01 Mar 2022 18:01 WIB
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Sukma Putra dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah.
GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. (Foto: Andy Kurniawan/detikJateng)
Solo -

Pura Mangkunegaran menegaskan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang baru saja ditetapkan sebagai KGPAA Mangkunegoro X adalah pemeluk Islam. Hal ini menjawab soal keharusan seorang Adipati Mangkunagoro memeluk agama Islam.

Seperti diketahui, Pura Mangkunegaran merupakan penerus dinasti Mataram Islam. Maka para pemimpinnya juga seorang muslim. Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, menegaskan dikukuhkannya Bhre sudah sesuai dengan tradisi Mataram Islam.

"Tetaep seperti itu, ini penerus Mataram Islam ya Islam. Gusti Bhre itu Islam," kata Lilik saat dihubungi wartawan, Selasa (1/3/2022).


Ditanya apakah Bhre sudah memeluk Islam sejak kecil, Lilik menegaskan bahwa yang terpenting ialah ketika dikukuhkan, Mangkunegoro X adalah seorang muslim.

"Jangan tanya dari kecil, kalau seperti itu ya Islam. Dari mana dulu, tidak... Itu sudah kesepakatan keluarga. Berarti syarat Mataram Islam itu terpenuhi," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Pura Mangkunegaran akhirnya mengumumkan siapa penerus takhta pengganti KGPAA Mangkunegoro IX. Putra dari permaisuri, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunegoro X.

Hal tersebut diumumkan oleh Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilik Priarso dalam jumpa pers di Pura Mangkunegaran, Selasa (1/3). Dalam acara tersebut, Lilik hanya membacakan wara-wara atau pengumuman.

"Setelah dilakukan pertemuan keluarga, dengan tulus ikhlas sepakat dengan Prameswari-Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegoro IX, menetapkan Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, SH sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adhipati Aria Mangkunegoro X," kata Lilik membacakan wara-wara.



Simak Video "Gibran-KGPAA Bhre Cek Lokasi Royal Dinner G20"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/mbr)