Pemkot Solo Tambah Tempat Isoter Khusus Pria di Graha Wisata

Ari Purnomo - detikJateng
Kamis, 17 Feb 2022 17:22 WIB
Graha Wisata Niaga Solo kini jadi isoter khusus pasien COVID-19.
Graha Wisata Niaga Solo kini jadi isoter khusus pasien COVID-19 pria (Foto: Ari Purnomo)
Solo -

Pemkot Solo menambah satu tempat untuk isolasi terpusat (isoter) yakni di Graha Wisata Niaga, di Jalan Slamet Riyadi. Isoter di Graha Wisata Niaga ini bakal dikhususkan bagi pasien COVID-19 pria, sama seperti dengan rumah sakit lapangan (Rumkitlap) di Benteng Vastenburg.

"Di sini untuk pasien (COVID-19) pria, kalau sini siap semua pasien ditarik sini semua, nantinya di Ndalem Priyosuhartan khusus yang wanita," terang Kepala BPBD Kota Surakarta Nico Agus Putranto di depan Graha Wisata Niaga, Kamis (17/2/2022).

Nico menyampaikan, Graha Wisata bisa menampung pasien COVID sebanyak 80 orang. Dengan rincian 50 pasien di lantai dasar dan 30 pasien di lantai dua.


"Kalau untuk Dalem Priyosuhartan daya tampungnya 41 orang, kalau di sini bisa 80 pasien," imbuhnya.

Nico menyebut, persiapan untuk sarana dan prasarana di isoter ini sudah siap dan bisa digunakan. Mulai dari kelistrikan, hingga toilet juga siap digunakan.

"Sudah kami benahi semua, toilet juga sudah kami perbaiki. Yang bermasalah sudah kami perbaiki, ada juga tambahan toilet portabel," papar Nico.

"Kami juga siapkan WiFi selama 24 jam. Untuk alat kesehatan kesiapannya koordinasi dengan tenaga kesehatan," sambungnya.

Seperti diketahui, TNI juga sudah kembali mengaktifkan Rumkitlap di Benteng Vastenburg. Rumah sakit dengan delapan tenda pasien ini mampu menampung hingga 80 pasien, dan diprioritaskan untuk pasien pria.



Simak Video "Gaya Jan Ethes Dadah-dadah ke Warga Saat Jalan Santai Bareng Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/aku)