Tol Demak-Tuban Bakal Lewati 3 Kecamatan di Kudus, Mana Saja?

Dian Utoro Aji - detikJateng
Jumat, 11 Feb 2022 18:13 WIB
Kabid Bina Marga PUPR, Harry Wibowo
Kabid Bina Marga PUPR Kudus, Harry Wibowo. (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal dilintasi pembangunan proyek Tol Demak-Tuban. Ada tiga kecamatan di Kota Kretek yang disebut akan terdampak proyek tol yang rencananya dibangun mulai 2025 itu.

"Ya (Tol Demak-Tuban) rencananya melintas Kudus, cuma tidak ada exit atau keluar. Berarti masuknya dari Demak keluarnya di Pati. Melintasnya Kudus-Purwodadi itu Desa Wates. Kemarin saya dapat info di Undaan Tengah," kata Kabid Bina Marga PUPR Kudus, Harry Wibowo, kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Jumat (11/2/2022).

Menurutnya, pembangunan Tol Demak-Tuban mulai dikerjakan pada 2025. Saat ini baru dilakukan koordinasi persiapan sosialisasi dan konsultasi publik untuk pembangunan ruas jalan tol itu. Kata Harry, kegiatan tersebut rencananya dilaksanakan pada Selasa (15/2) pekan depan.


"Rencana tahun 2025 (pembangunan tolnya). Pembebasan (lahan) belum, karena baru dapat undangan konsultasi membahas (kegiatan) Selasa depan," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan rencana pembangunan Tol Demak-Tuban itu masih dalam tahap konsultasi. Pemkab Kudus baru mendapatkan undangan terkait rencana soal tol tersebut.

"Kita baru diundang untuk sosialisasi itu terkait proyek jalan tol," kata Hartopo saat ditemui di Pendapa Kudus, siang tadi.

Hartopo meengatakan rencananya ada tiga kecamatan yang bakal dilintasi Tol Demak-Tuban tersebut. "Ada tiga kecamatan dan beberapa desa yang dilewati. Undaan, Mejobo, sama Jekulo. Desanya beberapa, secara detail belum," tambah Hartopo.



Simak Video "Asosiasi Jalan Tol Pastikan Tak Ada Jalan Berlubang Saat Mudik Lebaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)