Banjir Terjang SMAN 1 Kemusu Boyolali, 6 Ruang Rusak-Pagar 50 Meter Ambruk

Ragil Ajiyanto - detikJateng
Jumat, 28 Jan 2022 13:19 WIB
Kondisi SMAN 1 Kemusu akibat diterjang banjir, Jumat (28/1/2022).
Kondisi SMAN 1 Kemusu akibat diterjang banjir, Jumat (28/1/2022). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikJateng)
Boyolali -

Banjir menyisakan kerusakan di sejumlah gedung dan pagar SMA Negeri 1 Kemusu, Kabupaten Boyolali. Derasnya arus air membuat pagar tembok ambrol dan menjebol dinding depan dan belakang ruang gudang.

"Ada 6 ruang yang terdampak banjir," kata Kepala SMAN 1 Kemusu, Muh Zuhri, kepada wartawan, Jumat (28/1/2022).

Zuhri menyebut, 6 ruang yang terdampak banjir dan mengalami kerusakan yaitu gudang, ruang kesenian, laboratorium fisika, laboratorium biologi, ruang kelas dan perpustakaan. Kerusakan paling parah terjadi di ruang gudang yang mengalami jebol di bagian belakang dan depan.

Pintu gudang, lanjut Zuhri, ikut runtuh. Kemudian pagar tembok sisi selatan ambruk sepanjang sekitar 50 meter dan sisi utara sekitar 25 meter.

Pantuan detikJateng, kondisi sekolah pun terlihat berantakan karena sejumlah perabotan yang hanyut terbawa banjir. Banjir juga meninggalkan lumpur dan sampah-sampah di lingkungan sekolah maupun ruangan yang kebanjiran.

Kondisi SMAN 1 Kemusu akibat diterjang banjir, Jumat (28/1/2022).Kondisi SMAN 1 Kemusu akibat diterjang banjir, Jumat (28/1/2022). Foto: Ragil Ajiyanto/detikJateng

Zuhri menjelaskan banjir yang menerjang SMAN 1 Kemusu itu diawali hujan yang sangat deras mulai pukul 13.00 WIB, Kamis (27/1). Intensitas hujan yang sangat tinggi itu membuat selokan di lingkungan sekolah tak mampu menampung.

"Akibat hujan deras itu selokan air yang di lingkungan SMAN 1 Kemusu bagian bawah itu tidak mampu menampung air. Sehingga air tertahan oleh tembok pagar disebelah selatan," jelas Zuhri.

Hujan yang sangat deras sampai dua jam lebih itu, lanjutnya, membuat air tertahan tembok pagar sebelah selatan sangat banyak. Tembok pagar itu akhirnya tak mampu menahan dan ambruk.

Jebolnya tembok membuat air menerjang bagian gudang sekolah. Dinding tembok gudang pun ikut jebol di bagian belakang dan depan.

"Bagian gudang juga jebol akhirnya masuk ke lingkungan sekolah bagian bawah dari SMAN 1 Kemusu ini," imbuhnya.

Kondisi SMAN 1 Kemusu akibat diterjang banjir, Jumat (28/1/2022).Kondisi SMAN 1 Kemusu akibat diterjang banjir, Jumat (28/1/2022). Foto: Ragil Ajiyanto/detikJateng

Zuhri melanjutkan, air sempat tertahan di pagar tembok sekolah bagian utara. Namun banyaknya volume air dan derasnya arus membuat pagar tembok ini akhirnya juga runtuh sepanjang sekitar 25 meter.

"Saat air menjebol bagian gudang itu membawa barang-barang alat sekolah yang ada di gudang itu, antara lain meja kursi yang rusak dalam perbaikan, itu ikut hanyut melewati lingkungan sekolah dan akhirnya hanyut ke anak sungai," terang Zuhri.

Menurut Zuhri, banjir itu hanya berlangsung sekitar 30 menit dan air sudah surut. Terkait kejadian ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Termasuk ke BPBD Boyolali, Forkopimcam Kemusu serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng.

"Karena kondisi cukup licin, banyak barang berbahaya, kami hari ini pembelajaran daring," tandasnya.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas V Disdikbud Jateng, Sadimin, mengatakan telah melakukan inventarisasi kerusakan dan kerugian akibat banjir bandang ini. Kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta karena menghanyutkan barang-barang milik sekolah.

Sedangkan untuk pembersihan mulai dilakukan hari ini dengan dibantu dari TNI/Polri, masyarakat setempat, warga sekolah, serta BPBD Boyolali.

"Kita juga butuh air banyak untuk menyemprot ruang-ruang kelas, karena banyak endapat lumpurnya. Selanjutnya kami juga memantau kerusakan, mana yang menjadi prioritas diperbaiki," kata Sadimin dihubungi wartawan.



Simak Video "Penampakan Banjir Parah di Australia, Telan 9 Korban Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)