Gedung SMAN 1 Kemusu Boyolali Rusak Diterjang Banjir

Ragil Ajiyanto - detikJateng
Kamis, 27 Jan 2022 22:26 WIB
Gedung SMA Negeri 1 Kemusu, Boyolali rusak diterjang banjir, Kamis (27/1/2022).
Gedung SMA Negeri 1 Kemusu, Boyolali rusak diterjang banjir, Kamis (27/1/2022). (Foto: Istimewa)
Boyolali -

Bangunan SMA Negeri 1 Kemusu, Boyolali mengalami kerusakan akibat diterjang banjir sore tadi. Arus banjir yang kencang menjebol pagar dan dinding ruang gudang sekolah tersebut.

"Iya, kejadiannya tadi sekitar jam 14.30 WIB," kata Camat Kemusu, Joko Purwanto, saat dihubungi detikJateng, Kamis (27/1/2022).

Joko menyebut air juga masuk ke sejumlah ruang kelas dan laboratorium. Peristiwa itu terjadi saat hujan lebat mulai mengguyur wilayah Boyolali Utara itu sekitar pukul 13.00 WIB.

Saat itu guru setempat Jumiko (35), dan Umar (59), masih berada di sekolah yang berlokasi di Desa Klewor, Kecamatan Kemusu. Tiba-tiba mereka dikejutkan dengan suara bangunan roboh dari bagian belakang sekolah pada sekitar pukul 14.30 WIB.

Joko bercerita kedua guru tersebut bergegas memeriksa sumber suara tersebut. Ternyata air sudah mengalir deras masuk ke kompleks SMAN 1 Kemusu.

Tanggul dan pagar tembok di sebelah selatan ruang laboratorium biologi sudah jebol sepanjang sekitar 50 meter. Air dengan volume besar pun mengalir deras ke kompleks sekolahan tersebut.

Derasnya air juga merobohkan dinding ruang gudang. Air terus masuk ke sejumlah ruangan lainnya. Perabotan kursi meja dan barang lain di gudang itu hanyut terbawa banjir bandang.

Gedung laboratorium biologi dan fisika serta gedung kesenian juga dilaporkan mengalami kerusakan. Kemudian pagar utara gedung juga roboh.

"Itu air limpasan dari kebun Perhutani dan selokan," kata Joko.

Tanggul dan saluran air diduga tak kuat menahan derasnya air. Akibatnya, saluran dan tanggul itu jebol dan air masuk ke sekolah.

"Lokasi sekolah ini juga ada di cekungan," imbuhnya.

Banjir surut seiring hujan yang juga mereda sekitar pukul 15.30 WIB. Joko mengatakan pihaknya sudah melaporkan kejadian ini ke Pemkab Boyolali. Selain itu pihak sekolah juga telah melaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.



Simak Video "Truk Terguling di Tol Boyolali Berhasil Dievakuasi, Arus Lalin Normal Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)