ASEAN Para Games 2022 di Solo, Gibran Mendadak Jadi Ketua INASPOC

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Selasa, 25 Jan 2022 16:30 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kantor pusat NPC.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kantor pusat NPC. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng
Solo -

ASEAN Para Games 2022 dipastikan bakal digelar di Kota Solo pada Juli tahun ini. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pun ditunjuk menjadi Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc).

Penunjukan Gibran sebagai Ketua Inaspoc itu terbilang mendadak. Sebab, kepastian Kota Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 juga baru diumumkan.

Dalam pertemuan di kantor pusat National Paralympic Committee (NPC) Solo, Ketua Umum NPC Senny Marbun dan Wakil Sekjen NPC Rima Ferdianto secara langsung meminta Gibran menjadi Ketua Inaspoc.

"Dari situ Pak Senny harus segera memberikan rekomendasi kepada organizing commitee yang kita harapkan Mas Gibran jadi ketuanya," kata Wakil Sekjen NPC, Rima, kepada Gibran di kantor NPC, Selasa (25/1/2022).

Gibran pun menerima permintaan itu. Padahal, waktu yang tersisa untuk persiapan tinggal 6 bulan. Namun, Gibran optimistis bisa menyiapkan seluruh kebutuhan pelaksanaan ASEAN Para Games 2022.

"Yang masih kurang-kurang kita kejar ya, Pak. Saya sih siap-siap aja. Kita biasa kerja dalam waktu mepet. Kalau sudah ada perintah dari Pak Ketua saya nggak bisa nolak. Kita segera siapkan yang perlu kita prepare (siapkan) lagi," kata Gibran.

Ada 13 cabang olahraga yang diajukan untuk dimainkan di ASEAN Para Games 2022. Sejumlah venue di Solo Raya telah dipilih sebagai tempat pelaksanaan kompetisi yang diikuti 11 negara Asia Tenggara itu.

"Dalam waktu 6 bulan ini akan segera koordinasikan, segera kita perbaiki mungkin venue-venue yang masih kurang baik. Kita akan koordinasi dengan kementerian terkait. Tapi saya yakin Solo sudah siap. Karena venue-venue-nya sudah internasional. Nanti kita juga koordinasikan dengan kepala daerah sekitar," kata Gibran.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Senny Marbun mengatakan Indonesia akhirnya terpilih sebagai tuan rumah setelah mengalahkan Malaysia dan Thailand dalam proses bidding (penawaran). Momen ini menurutnya sudah ditunggu-tunggu karena para atlet sudah lama tidak bertanding.

"Saya bilang, ini kebaikan hati Pak Presiden mau menyelenggarakan ini. Sudah lama atlet-atlet ASEAN tidak berkompetisi. Oleh karena itu, terima kasih banyak kepada Pak Presiden yang mau menyelenggarakan ini lagi," ujarnya.



Simak Video "Solo Bakal Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)