Banjir di Boyolali, Puluhan Kios dan Rumah Warga Tergenang

Ragil Ajiyanto - detikJateng
Minggu, 23 Jan 2022 22:01 WIB
Banjir menggenangi permukiman di Dukuh Gatak, Desa Banyudono, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Minggu (23/1/2022) malam.
Banjir genangi permukiman di Dukuh Gatak, Desa Banyudono, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Minggu (23/1/2022) malam. Foto: Ragil Ajiyanto/detikJateng
Boyolali -

Hujan lebat yang melanda sebagian wilayah Boyolali mengakibatkan banjir di Desa Banyudono, Kecamatan Banyudono. Puluhan kios dan rumah warga terendam banjir, malam ini

"Air limpahan dari barat, saluran (air) utara jalan raya (Semarang-Solo) nggak bisa nampung, akibatnya meluap di sekitaran lapangan dan pertokoan di sekitar lapangan," kata Camat Banyudono, Jarot Purnama, Minggu (23/1/2022) malam.

Banjir ini melanda wilayah Dukuh Gatak RT 01/01 Desa Banyudono. Air masuk ke kampung di utara jalan raya Semarang-Solo ini sekitar pukul 18.00 WIB tadi.

Saat itu hujan yang mengguyur wilayah Banyudono mulai reda. Namun kemudian air datang. Air dari selokan jalan raya meluap masuk ke Dukuh Gatak.

"Penyebab banjir ini karena curah hujan yang tinggi. Kemudian air dari desa sebelah, Desa Ketaon dan areal persawahan mengalirnya ke timur. Kebetulan di sini (Dukuh Gatak) lokasinya rendah," jelas Jarot.

"Banjir dilaporkan menggenangi 22 kios, sekitar 3 rumah warga, bekas gedung, satu gereja dan lapangan (Desa Banyudono)," lanjutnya.

Akibat banjir ini warga banyak yang keluar rumah. Sebagian masih ada yang bertahan di dalam kios dan rumahnya. Namun ada pula yang mengungsi di balai kampung.

"Sekarang airnya sudah mulai surut," imbuhnya.



Simak Video "Permukiman di Jambi Terendam Banjir, Sejumlah Warga Dievakuasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)