Meredup di Survei Capres 2024, Cak Imin: Pemilu Masih Lama

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Minggu, 23 Jan 2022 18:20 WIB
Ketua PKB Muhaimin Iskandar di Kampung Batik Giriloyo, Bantul, Minggu (23/1/2022).
Ketua PKB Muhaimin Iskandar di Kampung Batik Giriloyo, Bantul, Minggu (23/1/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Meredupnya hasil survei tidak menyurutkan keinginan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar untuk ambil bagian dalam Pilpres 2024. Menurutnya, gelaran pemilu masih lama sehingga masih ada cukup waktu untuk mengenalkan diri ke masyarakat.

"Ya yang penting jalan saja ke masyarakat, yang penting menyampaikan apa yang menjadi kinerja kita. Masa depan yang harus kita tempuh insyaallah lah. Kan pemilu masih lama juga," katanya kepada wartawan di Kampung Batik Giriloyo, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Minggu (23/1/2022).

Menyoal siapa calon pasangannya untuk melaju ke Pilpres, pria yang kerap disapa Cak Imin ini mengaku belum bisa memastikannya. Mengingat saat ini baru dalam taraf mencari kecocokan pasangan untuk maju Pilpres 2024.

"Belum ada. Jadi hari ini masih saling cocok-cocokan lah, karena syaratnya kan 20 persen. 20 persen itu butuh semua partai. Karena itu ya kita buka komunikasi dengan semua partai, sudah terus kita rajut. Moga-moga sampai 2024 nanti lancar semua," ucapnya.

Cak Imin menyebut PKB sudah berkomunikasi intens dengan Golkar dan Gerindra. Namun, pihaknya tetap membuka lebar-lebar peluang komunikasi dengan semua partai.

"Semua, saya sama Golkar intensif, sama Gerindra intensif, semua partai rata-rata," ujarnya.

Selain itu, Cak Imin juga membantah terkait alasan kuat ingin maju capres 2024 demi membalaskan dendam era Gus Dur. Pihaknya mengaku hanya menjadikan Gus Dur sebagai motivasi, mengingat PKB pernah melahirkan orang nomor satu di Indonesia.

"Bukan (maju capres karena dendam era Gus Dur), itu motivasi kepada kader bahwa PKB sudah pernah punya presiden. Karena itu ayo kita rebut kembali, ya motivasi saja," katanya.

Sebelumnya diberitakan, hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih menjadi sosok calon presiden (capres) 2024 terkuat sejauh ini. Dua nama lain yang menyusul adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sedangkan nama Muhaimin Iskandar justru tidak masuk dalam 10 besar.



Simak Video "Sebut Sering Berseberangan, Cak Imin Ungkap Lily Wahid Sosok Punya Prinsip"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)