Jenazah Putut Gunawan Ketua Timses Jokowi-Gibran Dimakamkan di Solo

Ari Purnomo - detikJateng
Minggu, 23 Jan 2022 12:11 WIB
Jenazah Putut Gunawan disemayamkan di gedung DPRD Solo sebelum dimakamkan, Minggu (23/1/2022).
Jenazah Putut Gunawan disemayamkan di gedung DPRD Solo sebelum dimakamkan, Minggu (23/1/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Solo -

Suasana haru mengiringi prosesi persemayaman jenazah politisi PDI Perjuangan Putut Gunawan di Gedung DPRD Solo, Minggu (23/1/2022) pagi. Sejumlah anggota dewan terlihat menangis saat prosesi berlangsung.

Prosesi ini digelar sebelum jenazah Ketua Komisi IV DPRD itu dimakamkan di TPU Untoroloyo, Mojosongo, Jebres. Jenazah tiba di gedung DPRD sekira pukul 09.23 WIB.

Turut serta sang istri Dyah Indraningsih dan sang putra Panji Satrio Binangun. Keduanya tampak terus menangis sepanjang prosesi berlangsung.

Setibanya di kompleks DPRD jenazah dibawa masuk ke gedung Graha Paripurna untuk prosesi. Prosesi dimulai dengan pembacaan riwayat hidup almarhum oleh anggota DPRD Soekasno.

Selama pembacaan itu, terlihat sejumlah anggota dewan terlihat menangis, tidak terkecuali Soekasno. Di penghujung membacakan riwayat hidup almarhum, Soekasno tidak mampu membendung kesedihannya.

Tangisnya pun pecah sebelum menutup pembacaan riwayat hidup Putut Gunawan. Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke DPRD dan dilanjutkan dengan pembacaan duka oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Jenazah Putut Gunawan disemayamkan di gedung DPRD Solo sebelum dimakamkan, Minggu (23/1/2022).Jenazah Putut Gunawan disemayamkan di gedung DPRD Solo sebelum dimakamkan, Minggu (23/1/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng

Dalam sambutannya, Gibran menyampaikan Pemkot dan masyarakat telah kehilangan salah satu putra terbaik yang berjasa besar dalam pembangunan Kota Solo.

"Aspirasi beliau telah berkontribusi besar bagi kesejahteraan masyarakat sekaligus penghubung antara masyarakat dengan pemerintahan Kota Surakarta," ungkapnya.

"Bahkan di tengah sakit pun beliau tetap menjalankan sebagai wakil rakyat. Pada kesempatan ini pula kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas pemikiran, pengabdian, karya, selama menjadi anggota DPRD," sambungnya.

Gibran melanjutkan, tidak akan melupakan jasa almarhum selama menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD. Usai pembacaan duka, dilanjutkan dengan penyerahan akta kematian dari Gibran kepada pihak keluarga yang diterima oleh sang putra.

Prosesi ditutup dengan pembacaan doa oleh anggota DPRD Asih Sunjoto. Saat membacakan doa, Asih juga tidak kuat membendung rasa sedihnya. Tangis pun pecah di tengah-tengah dia memanjatkan doa.

Usai doa, prosesi dilanjutkan dengan mensalatkan jenazah di masjid DPRD dan dilanjutkan dengan prosesi pemakaman di TPU Untoroloyo.

Untuk diketahui, Putut Gunawan lahir di Wonogiri, 22 April 1964. Di Solo, namanya mulai dikenal ketika menjadi wartawan di Harian Bernas, terbitan Yogyakarta, pada dekade 90-an.

Selanjutnya Putut terjun sebagai aktivis pengembangan masyarakat hingga kemudian berlabuh ke dunia politik setelah bergabung di PDI Perjuangan. Karir politik terakhirnya adalah Wakil Ketua DPC PDIP Kota Solo Bidang Pemenangan Pemilu. Selain itu juga menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Solo.

Putut juga dipercaya menjadi ketua tim pemenangan pasangan Jokowi-Rudy pada Pilkada Solo tahun 2010, ketua tim pemenangan pasangan Rudy-Purnomo di Pilkada Solo tahun 2015, dan pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo tahun 2020.



Simak Video "788 Personel TNI-Polri Siap Amankan Masjid-Lapangan Saat Idul Fitri di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)