Putut Gunawan Ketua Timses Jokowi hingga Gibran di Pilkada Solo Tutup Usia

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Sabtu, 22 Jan 2022 14:24 WIB
Politikus PDIP Solo Putut Gunawan.
Politikus PDIP Solo Putut Gunawan. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Solo -

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan meninggal dunia. Politikus senior di DPC PDIP Solo itu mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 13.00 WIB, Sabtu (22/1/2022).

Kabar tersebut dibenarkan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa. Teguh yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo langsung menuju RSUD dr Moewardi setelah mendengar kabar tersebut.

"Tadi dapat kabar jam 12 lebih, saya langsung ke RSUD dr Moewardi, sudah meninggal," kata Teguh saat dihubungi detikJateng.

Mengenai penyebabnya, Teguh mengaku belum mengetahui secara pasti. Namun Putut memang memiliki penyakit komplikasi.

"Kemarin masih pergi sama keluarganya, tadi pagi juga masih jalan-jalan. Kemungkinan jantung. Selama ini, beliau rutin cuci darah seminggu dua kali, tapi punya penyakit lain, jantung juga," ujar dia.

Teguh mengatakan sore ini jenazah Putut akan disemayamkan di rumah duka, Jebres, Solo. Pemakaman akan dilaksanakan besok.

"Nanti sore disemayamkan di rumah duka. Besok pagi kita semayamkan sebentar di DPRD Solo, kemudian dimakamkan di Untoroloyo," ujar dia.

Putut Gunawan lahir di Wonogiri, 22 April 1964. Di Solo, namanya mulai dikenal ketika menjadi wartawan di Harian Bernas, terbitan Yogyakarta, pada dekade 90-an.

Selanjutnya Putut terjun sebagai aktivis pengembangan masyarakat hingga kemudian berlabuh ke dunia politik setelah bergabung di PDI Perjuangan. Karir politiknya terakhir adalah Wakil Ketua DPC PDIP Kota Solo Bidang Pemenangan Pemilu. Selain itu juga menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Solo.

Putut juga dipercaya menjadi ketua tim pemenangan pasangan Jokowi-Rudy pada Pilkada Solo tahun 2010, ketua tim pemenangan pasangan Rudy-Purnomo di Pilkada Solo tahun 2015, dan pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo tahun 2020.

Informasi dari DPC PDIP Kota Solo, dari RSUD dr Moewardi Solo jenazah dibawa ke rumah duka di Perum Tiara Ardi E10 RT 04/35 Mojosongo, Jebres, Solo. Rencananya Minggu (23/1) besok jenazah akan disemayamkan di Gedung DPRD Kota Solo di Jalan Adi Sucipto pada pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya jenazah akan dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di Astana Untoroloyo, Mojosongo, Solo.

(aku/mbr)