Terpopuler Sepekan

Episode Kedua Ganjar Lagi-lagi Absen di Acara Kunjungan Puan Maharani

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Sabtu, 22 Jan 2022 10:53 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. (Foto: dok. detikcom
Solo -

Isu panasnya hubungan Ganjar Pranowo dengan Puan Maharani kembali mencuat. Kali ini, Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah lagi-lagi absen saat Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Pasar Legi Solo.

Kehadiran Ganjar memang sudah dipertanyakan sejak beberapa hari sebelumnya. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pun tak bisa memastikan kehadiran Ganjar dan beralasan bahwa tuan rumah acara ialah Kementerian PUPR.

Ganjar dan Puan memang digadang-gadang bakal turut serta dalam Pilpres 2024, meskipun mereka sama-sama belum mendeklarasikan diri. Namun sejumlah dukungan sudah terlihat di sejumlah daerah.

Dulu tak diundang

Peristiwa seperti ini pernah terjadi pada Mei 2021 lalu di Panti Marhaen, Semarang. Saat itu seluruh kader eksekutif, legislatif dan struktur partai diundang. Kecuali Ganjar Pranowo. Bahkan pengecualian untuk Ganjar tertulis jelas dalam susunan rundown yang disebar.

Saat itu Ganjar ke Jakarta dengan agenda menjajal Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang yang baru diuji coba untuk road bike dan berkunjung ke Teuku Umar untuk bertemu Megawati.

Absen lagi, nama Ganjar tak disebut

Pada saat peresmian Pasar Legi, Ganjar tak terlihat di jajaran tamu undangan, Kamis (20/1/). Bahkan dalam sambutan Wali Kota Solo dan Ketua DPR, nama Ganjar maupun yang mewakili tidak disebut.

Adapun beberapa tokoh yang tampak hadir antara lain ialah Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gibran Rakabuming Raka, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.

Menteri PUPR mengaku tak tahu

Usai peresmian, detikJateng sempat menanyakan ketidakhadiran Ganjar Pranowo kepada Basuki Hadimuljono. Namun dia mengaku tidak mengetahuinya.

"Nek takon kui aku ra ngerti (kalau tanya itu, saya tidak tahu)," kata Basuki.

Komentar Bambang Pacul

Ketua DPP sekaligus Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto mengaku tidak mengetahui persoalan undangan. Dia sendiri mengatakan memperoleh undangan dari Kementerian PUPR.

"Saya dapat undangan dari kementerian. Ini kan anggaran pusat. Mungkin ada konsinyasi dengan pemkot. Mungkin aku di pusat undangan dari PUPR, yang daerah dari pemkot," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini, di sela-sela peresmian Pasar Legi, Kamis (20/1).

Diundang tapi mendadak

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengungkap bahwa Ganjar baru diundang tadi malam. Namun Ganjar tidak bisa hadir karena sudah lebih dahulu menerima undangan terkait acara kebencanaan di Jakarta.

"Semalam saya telepon-teleponan dengan beliau (Ganjar) sekitar jam setengah dua belas. Bahwa beliau dapat undangan tapi datangnya malam itu juga. Tapi beliau kan sudah punya tugas untuk paparan atau presentasi tentang kebencanaan di Jateng. Jadi undangannya duluan itu di Jakarta," kata Rudy yang juga hadir di acara peresmian Pasar Legi, Kamis (20/1).

Menurutnya, jika undangan disampaikan sejak beberapa hari sebelumnya, Ganjar kemungkinan bakal hadir. Rudy sendiri selaku mantan Wali Kota Solo menerima undangan sejak tiga hari yang lalu.

"Kalau undangannya dua hari sebelumnya mungkin bisa minta mundur untuk jadwal presentasi tersebut. Itu yang saya dengar dari beliau semalam. Kalau saya diundang secara pribadi, tiga hari yang lalu," ujarnya.

Ganjar ke Jakarta (lagi)

"Bapak ke Jakarta pagi tadi," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov Jawa Tengah, Agung Kristiyanto, kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Kamis (20/1).

Dia menjelaskan, Ganjar menghadiri undangan dari Istana untuk rapat bersama Gubernur Jawa Timur dan Banten. "Menghadiri undangan rapat dari Istana bersama Gub Banten dan Gub Jatim," lanjut Agung memberikan penjelasan.

(aku/mbr)