Ini Motif Pemotor Klaten Santuy Lawan Arah di Jalan Jogja-Solo

Achmad Syauqi - detikJateng
Sabtu, 22 Jan 2022 20:01 WIB
Pemotor santuy lawan arah di Jalan Yogya-Solo Klaten, Jumat (21/1/2022)
Pemotor santuy lawan arah di Jalan Yogya-Solo Klaten. (Foto: dok. tangkapan layar IG kabar_klaten)
Klaten -

FN (16) pemotor yang viral melaju melawan arah di Jalan Yogya-Solo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah diamankan polisi. Terungkap, pelajar SMK itu nekat melaju lawan arah karena bingung.

"Dia itu bingung (dari utara), ketakutan. Namun yang kita sayangkan kenapa mengambil lajur tengah. Tinggal dia mengarah ke arah barat, tidak harus mencari U return (putar balik) di timur. Dari timur bisa juga mlipir di bahu jalan dan setelah ketemu celah putar balik kan bisa menyeberang (ke lajur arah ke Jogja)," ungkap Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan kepada wartawan di Mapolres Klaten, Sabtu (22/1/2022).

Aksi itu, kata Fadhlan, disebabkan karena awamnya pelaku tentang peraturan lalu lintas. Padahal melawan arah semacam itu justru sangat berbahaya.

"Dia ambil jalan pintas, pengin cepet, malah melakukan hal yang sangat berbahaya. Jika saat itu ada kendaraan yang tidak siap, dia bisa tertabrak atau kendaraan lain menghindarinya, bisa juga memicu kecelakaan," papar Fadhlan.

Dari pengakuan yang bersangkutan, tutur Fadhlan, pelaku hendak pulang setelah ada kegiatan sekolah. Saat kejadian yang bersangkutan tidak memakai helm dan tidak memiliki SIM.

"Tidak punya SIM, tidak pakai helm. Kami imbau ke orang tua, tolong anak yang masih labil belum punya SIM jangan diberi kendaraan," sebut Fadhlan.

Jarak lajur yang dilalui FN, jelas Fadhlan, panjangnya sekitar satu kilometer sehingga berbahaya. Untuk itu yang bersangkutan sudah diminta membuat pernyataan.

"Kita minta membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi lagi. Kepada orang tua, saya imbau jangan memberikan anak sepeda motor jika belum cukup umur untuk memiliki SIM," imbuh Fadhlan.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengamankan pemotor berpakaian mirip seragam sekolah melaju melawan arah di Jalan Jogja-Solo, Kecamatan Prambanan, Klaten, yang aksinya viral di media sosial. Pemotor tersebut ternyata seorang pelajar berusia di bawah umur.

"Berkaitan kejadian yang viral di media sosial, tadi malam sudah diamankan unit Gakkum Sat Lantas Polres Klaten. Yang bersangkutan berinisial FN, 16 tahun, bertempat tinggal di Kecamatan Kemalang. Dia seorang pelajar SMK swasta di Prambanan," ungkap Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan kepada wartawan di Mapolres Klaten, Sabtu (22/1).

(aku/mbr)