Terungkap! Ini Identitas Pemotor Santuy Lawan Arah di Jalan Jogja-Solo

Achmad Syauqi - detikJateng
Sabtu, 22 Jan 2022 17:21 WIB
Pemotor santuy lawan arah di Jalan Yogya-Solo Klaten, Jumat (21/1/2022)
Pemotor santuy lawan arah di Jalan Yogya-Solo, Klaten. (Foto: dok. tangkapan layar IG kabar_klaten)
Klaten -

Polisi mengamankan pemotor berpakaian mirip seragam sekolah melaju melawan arah di Jalan Jogja-Solo, Kecamatan Prambanan, Klaten, yang aksinya viral di media sosial. Pemotor tersebut ternyata seorang pelajar berusia di bawah umur.

"Berkaitan kejadian yang viral di media sosial, tadi malam sudah diamankan unit Gakkum Sat Lantas Polres Klaten. Yang bersangkutan berinisial FN, 16 tahun, bertempat tinggal di Kecamatan Kemalang. Dia seorang pelajar SMK swasta di Prambanan," ungkap Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan kepada wartawan di Mapolres Klaten, Sabtu (22/1/2022).

Diterangkan Fadhlan, setelah aksi melawan arus itu viral, Jumat (21/1), polisi langsung melakukan penyelidikan. Petugas menghubungi pengunggah video dan meminta rekaman.

"Kita minta dikirim rekaman, kita profiling, CCTV ternyata tidak ada. Kita cek jenis pakaian di mana dia sekolah, kemudian mengerucut satu sekolah," sambung Fadhlan.

Begitu mengerucut sekolah, jelasnya, tim mendalami teman-teman pelaku dan mengecek ke bagian tata usaha sekolah. Keterangan para saksi mengerucut pada nama FN.

"Mengerucut satu nama, betul FN lalu kita datangi rumahnya dan kita mintai keterangan. Kita terima kasih untuk yang memviralkan, akhirnya kita bina sekaligus orang tuanya," jelas Fadhlan.

Dengan kejadian itu, papar Fadhlan, yang bersangkutan dikenakan tilang. Selain tilang dilakukan pembinaan, termasuk dengan mendatangkan orang tua FN.

"Kita kenakan tilang, membuat pernyataan dan pembinaan kepada orang tuanya. Pasal yang disangkakan pasal 287 ayat 1 UU 22/ 2009 dengan ancaman kurungan 2 bulan dan atau denda Rp 500.000. Tapi karena di bawah umur kita lakukan pembinaan," pungkas Fadhlan.

Sebelumnya diberitakan, video seorang pemotor yang mengenakan pakaian mirip seragam sekolah melaju melawan arah di Jalan Jogja-Solo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah viral. Pelajar tersebut tampak mengendarai motornya dengan santai di jalanan.

Rekaman aksi nekat pemotor itu diunggah akun Instagram kabar_klaten pada Jumat (21/1) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Mbake Sing ngepitt kene Sing trantapan buat para orang tua. Agar waspada, anak di bawah umur jangan boleh naik kendaraan. Lokasi Prambanan," tulis keterangan video tersebut.

Dalam rekaman video berdurasi 22 detik itu terlihat pemotor itu seorang wanita berhijab dan tidak mengenakan helm. Pemotor itu terlihat memakai jilbab dan atasan warna krem, dengan rok panjang warna cokelat tua. Pemotor itu juga tampak menggendong tas ransel warna merah.

(aku/mbr)