Bangganya Luis Milla 3 Pemainnya Kembali Dipanggil Timnas

Bangganya Luis Milla 3 Pemainnya Kembali Dipanggil Timnas

Bima Bagaskara - detikJabar
Rabu, 23 Nov 2022 18:31 WIB
Pelatih Persib Bandung Luis Milla Resmi Diperkenalkan
Pelatih Persib Luis Milla (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar).
Bandung -

PSSI telah merilis daftar 28 pemain Timnas Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Bali jelang Piala AFF 2022 pada 23 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Tiga pemain Persib Bandung, Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto kembali dipanggil untuk mengikuti TC yang akan dimulai 28 November nanti. Dipanggilnya ketiga pemain tersebut membuat pelatih Luis Milla bangga.

"Bagi saya dan klub, ini merupakan kabar yang membanggakan karena ada pemain yang terpilih masuk tim nasional," kata Luis Milla, Rabu (23/11/2022).


Namun pelatih asal Spanyol ini mengeluhkan waktu TC yang terbilang cukup lama. Para pemain kabarnya akan mengikuti TC dan langsung bergabung dengan skuad yang akan berlaga di Piala AFF 2022 selama kurang lebih satu bulan.

Meski begitu, ia memahami kondisi yang dialami saat ini dimana waktu persiapan untuk mengikuti kompetisi antar negara se-Asean tersebut.

"Memang menurut saya agak terlalu lama tapi pelatih tim nasional membutuhkannya. Karena tim nasional tidak punya banyak waktu untuk bisa melakukan persiapan dan saya memahami itu," ujarnya.

"Memang kalau menurut saya itu terlalu lama untuk mempersiapkan diri untuk turnamen yang tidak resmi (di bawah FIFA). Namun ini bukan keputusan saya," sambung Luis Milla.

Kehilangan 6 Pemain

Dipanggilnya tiga pemain untuk mengikuti TC Timnas Indonesia membuat Persib akan kehilangan enam pemainnya. Sebelumnya tiga pemain sudah lebih dulu dipanggil untuk mengikuti TC bersama Timnas U-20 di Eropa. Ketiganya yakni Robi Darwis, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah.

Sebagai pelatih klub, Luis Milla mengaku hanya bisa pasrah ketika para pemainnya dipanggil untuk memperkuat tim nasional. Ia menegaskan hanya akan fokus untuk mempersiapkan Persib sembari menanti lanjutan kompetisi Liga 1.

"Tapi saya tidak bisa berbuat apapun dan keputusan bukan dari saya, itu keputusan tim nasional dan federasi dari negara ini. Saya hanya bisa bekerja dan mempersiapkan Persib untuk performa lebih baik," ujar Luis Milla.

"Kami punya banyak pemain, memang keenam pemain tersebut adalah pemain bagus tapi kami juga bisa bekerja dengan pemain-pemain lainnya. Dalam situasi ini, kami harus selalu melihat ke depan, berpikir positif dan itu adalah rencananya," tutup eks pelatih Timnas Indonesia ini.

(bba/mso)