Titah Jokowi Usai Tragedi Kanjuruhan: Audit Seluruh Stadion!

Kabar Nasional

Titah Jokowi Usai Tragedi Kanjuruhan: Audit Seluruh Stadion!

Tim detikNews - detikJabar
Rabu, 05 Okt 2022 16:28 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan lewat video di World Tourism Day di The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (27/9/2022).
Presiden Joko Widodo. (Foto: I Wayan Sui Suadnyana)
Jakarta -

Tragedi yang menelan korban jiwa akibat sepak bola diharapkan tak lagi terulang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengeluarkan titah usai Tragedi Kanjuruhan.

Dikutip dari detikNews, Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaudit total semua stadion di seluruh Indonesia. Jokowi meminta Stadion Liga 1 hingga 3 diaudit.

"Saya akan perintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh Stadion yang dipakai untuk liga, Liga 1, Liga 2, Liga 3, semuanya," kata Jokowi di RSSA Malang, Rabu (5/10/2022).


Ia mengungkapkan alasan kenapa audit perlu dilakukan. Ia ingin memastikan semua stadion sepak bola di Indonesia sesuai standar.

Jokowi juga mengatakan perlu dilakukan perbaikan dari manajemen lapangan hingga pengelolaan stadion. Audit total harus benar-benar dilakukan.

"Apakah gerbangnya sesuai standar, cukup lebar, apakah gerbangnya ukurannya sesuai dengan standar, manajemen lapangan yang memegang kendali siapa, semuanya, kita perbaiki semuanya, manajemen pertandingan, lapangan pengelolaan stadion semuanya, harus kita audit total," ujar Jokowi.

Jokowi sendiri berharap tak ada lagi nyawa yang melayang akibat sepak bola. Apalagi jika berkaca pada Tragedi Kanjuruhan yang kini sudah mencapai 131 korban jiwa.

"Kita tidak ingin peristiwa di seperti di Kanjurhan terjadi kembali di negara kita," kata Jokowi.

Artikel ini telah tayang di detiknews dengan judul Jokowi Perintahkan Semua Stadion Liga 1, 2 dan 3 Diaudit Total!

(orb/orb)