Liga 3 Seri 2 Jawa Barat: Juara, Top Skor hingga Jumlah Penonton

Liga 3

Liga 3 Seri 2 Jawa Barat: Juara, Top Skor hingga Jumlah Penonton

Bima Bagaskara - detikJabar
Rabu, 05 Okt 2022 10:53 WIB
Al Jabbar FC.
Al Jabbar FC (Foto: Istimewa)
Bandung -

Perhelatan Liga 3 Seri 2 Jawa Barat telah selesai digelar dengan Al Jabbar FC keluar sebagai juara setelah di partai final mengalahkan tuan rumah PSGJ dengan skor 1-0.

Digelar sejak 18 September hingga 1 Oktober 2022, Liga 3 Seri 2 Jawa Barat diikuti oleh 32 klub yang dibagi dalam 8 grup babak penyisihan. Kompetisi ini memainkan sebanyak 64 pertandingan.

Empat lokasi dipilih sebagai venue pertandingan. Keempatnya adalah Stadion Bima (Cirebon), Lapangan Roket Tegal Gubug (Cirebon), Stadion Mashud (Kuningan) dan Lapangan Dayak Cipeujeuh Wetan (Cirebon).


Sejak pertandingan pertama hingga terakhir, total 148 gol tercipta di Liga 3 Seri 2 Jawa Barat ini. 138 gol dihasilkan melalui open play dan 10 gol lainnya melalui titik penalti.

Liga 3 Seri 2 Jawa Barat juga mampu menarik animo masyarakat yang cukup tinggi. Tercatat dari 64 pertandingan, jumlah penonton yang hadir di stadion mencapai 15.436 dengan rata-rata 1.543 penonton per pertandingan.

Penonton terbanyak tentu hadir saat laga final antara Al Jabbar FC menghadapi PSGJ yang digelar pada Sabtu (1/10) kemarin di Stadion Bima. Laga sesama tim asal Cirebon itu disaksikan hingga 3.552 penonton.

Liga 3 Seri 2 Jawa Barat juga berjalan cukup 'panas'. Tercacat ada 184 kartu kuning dan 18 kartu merah yang dikeluarkan wasit.

Kompetisi sepak bola di kasta terbawah Indonesia ini juga memunculkan beberapa nama pemain-pemain lokal yang menjadi perhatian. Pemain Pesik Kuningan, Yudista Irfan Pangestu keluar sebagai top skor dengan torehan 9 gol. Sedangkan pemain terbaik diraih pemain Al Jabbar FC, Khaeruddin Iskandar.

Meski diikuti oleh klub-klub dari seluruh Jawa Barat, namun tim dari Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan mendominasi gelaran ini. Itu terbukti dari empat tim yang lolos ke Seri 1 tahun depan.

Selain Al Jabbar FC dan PSGJ, dua tim lainnya adalah Pesik Kuningan dan Persima Majalengka. Keempat tim ini promosi untuk tampil di Liga 3 Seri 1 tahun 2023 mendatang.

Berikut 32 klub peserta Liga 3 Seri 2 Jawa Barat:

Grup A
- PSGJ
- Mandala Majalengka
- Persikad 1999
- Bandung Timur

Grup B
- Sultan Muda
- Cirebon Barat FC
- Buaran Putra
- Maung Bandung FC

Grup C
- Super Progresif
- PS BRT Subang
- Perkesit
- Persikotas

Grup D
- Loreng FC
- Benpica FC
- Pesik Kuningan
- PSIT

Grup E
- PS Bara SIliwangi
- Young Tigers
- Mutiara 97
- Parma FC

Grup F
- Bina Putra
- Al Jabbar FC
- YMA Sukabumi 28
- Maung Anom

Grup G
- Bandung Barat UTD
- R2B Legend
- Persigarsel Rancaekek FC
- Persima Majalengka

Grup H
- Pakuan City
- Bekasi United
- Persikabumi
- Blaster

(bba/iqk)