Persib vs Persija Momen 'Perang' Strategi Pelatih Eropa

Persib vs Persija Momen 'Perang' Strategi Pelatih Eropa

Whisnu Pradana - detikJabar
Minggu, 02 Okt 2022 04:00 WIB
Pelatih Persib Bandung Luis Milla Resmi Diperkenalkan
Pelatih Persib Bandung Luis Milla (Foto: Bima Bagaskara)
Bandung -

Persib Bandung bakal menjamu Persija Jakarta dalam laga lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Pertandingan antara tim berjuluk Maung Bandung melawan Macan Kemayoran merupakan laga sarat gengsi dan sejarah panjang perseteruan kedua tim yang terjadi di dalam maupun luar lapangan.

"Ini El Clasico-nya Indonesia, jadi sebutan ini mulai di sekitar tahun 2000-an, di era Perserikatan. Padahal dulu pertemuan Persib vs Persija itu ya biasa-biasa saja, dulu itu sebutan El Clasico sebetulnya antara Persib melawan PSMS Medan," ujar legenda hidup Persib Bandung Yudi Guntara kepada detikJabar, Sabtu (1/10/2022).


Menyoal pertandingan Persib vs Persija, Yudi mengatakan kedua tim dipastikan akan bermain habis-habisan dengan meraih hasil sempurna. Ia menyoroti pertempuran di lini tengah kedua tim yang dihuni gelandang berlabel pemain Timnas.

"Pasti habis-habisan. Tapi yang tak kalah seru juga itu perang sesama pemain tengah tim nasional seperti Marc Klok, Kambuaya, Rachmat Irianto di Persib dengan Syahrian Abimanyu, Hanif Sjahbandi, Osvaldo Haay di Persija. Seru ini pastinya," kata Yudi.

Dalam laga sengit kali ini, Persib punya sejumlah keuntungan. Misalnya bermain sebagai tuan rumah dengan dukungan penuh bobotoh yang langsung datang ke stadion.

Kemudian keuntungan lainnya yakni pemain Persib punya modal mental bertanding yang bagus setelah meraih 3 kemenangan melawan Arema, Rans Nusantara, dan Barito.

"Persib juga kan punya Luis Milla, ini menjadikan pemain bersemangat di didampingi oleh pelatih kelas dunia serta mmpunyai strategi yang menjanjikan dan memberikan warna bagi Persib," tutur Yudi.

Sejauh ini pelatih Luis Milla sudah memberikan perubahan dalam skema dan cara bermainnya. Terbukti pemain Persib yanh tadinya bermain biasa-biasa saja kini bisa bertransformasi bermain lebih efektif dan berdaya juang.

"Perubahannya ya terlihat dari pemain yang asalnya main biasa saja, ogah-ogahan sekarang bermain lebih luar biasa," kata Yudi.

Ia juga mengingatkan agar anak asuh Luis Milla tak terlena dengan segala keuntungan yang dimiliki karena skuad Persija yang datang ke Bandung punya motivasi berlebih ingin mengalahkan tim tuan rumah.

"Trennya sedang bagus, terbukti di 10 pertandingan sudah berada di klasemen ke 5. Racikan pelatih Persija Thomas Doll juga perlu diwaspadai oleh Coach Luis Milla. Ini juga jadi perang strategi dua pelatih kelas dunia," ujar Yudi.



Simak Video "Momen Kericuhan di Stadion GBLA yang Tewaskan 2 Bobotoh"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)