Menelisik Sejarah Lapangan Roket Tegalgubug Cirebon

Menelisik Sejarah Lapangan Roket Tegalgubug Cirebon

Ony Syahroni - detikJabar
Sabtu, 01 Okt 2022 10:00 WIB
Lapangan Roket Cirebon.
Lapangan Roket Cirebon (Foto: Ony Syahroni/detikJabar)
Cirebon -

Desa Tegalgubug di Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat memiliki sebuah lapangan sepak bola dengan kualitas rumput yang baik dan tampilan menarik. Lapangan ini memiliki pola garis-garis layaknya lapangan di Eropa.

Lapangan sepak bola ini bernama lapangan Roket Tegalgubug. Lapangan ini merupakan kandang dari klub lokal Desa Tegalgubug, yakni Roket FC. Lapangan sepak bola Roket Tegalgubug berdiri di atas lahan milik desa setempat. Hanya saja, untuk pengelolaan maupun perawatannya menjadi kewenangan dari pengurus klub Roket FC.

Sekretaris Roket FC, M Khusni menyebut jika lapangan sepak bola ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Khusni memperkirakan jika lapangan sepak bola ini bahkan lebih tua dari klub Roket FC yang lahir pada tahun 1967.


"Sebelum Roket FC lahir atau terbentuk, lapangan ini sudah ada. Roket FC sendiri kan lahir pada 1967," kata M Khusni saat berbincang dengan detikJabar belum lama ini.

Hingga saat ini, lapangan sepak bola Roket Tegalgubug masih rutin digunakan. Selain Roket FC, ada juga beberapa klub lokal lainnya yang menggunakan lapangan tersebut. Baik untuk sesi latihan maupun menggelar pertandingan.

Keindahan lapangan sepak bola Roket Tegalgubug ini tentunya tidak terlepas dari adanya perawatan yang rutin. Pengelola rutin melakukan perawatan, mulai dari pemotongan rumput hingga menyiram lapangan untuk menjaga kondisi tanah agar tidak terlalu kering.

"Kalau pemotongan rumput biasanya dua minggu sekali. Terus juga kadang kita siram lapangannya biar tidak terlalu kering tanahnya," kata Khusni.

Karena kualitas rumput yang baik dan tampilan menarik, membuat lapangan kebanggaan desa Tegalgubug ini banyak dilirik oleh klub-klub dari luar daerah. Banyak klub dari luar Cirebon yang memang sengaja datang untuk menyewa lapangan tersebut.

"Banyak tim-tim dari luar yang pernah main di sini. Ada yang dari Jakarta, Tangerang, Lampung dan daerah-daerah lainnya," kata dia.

Lebih dari itu, bahkan lapangan sepakbola Roket Tegalgubug juga pernah digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan persahabatan antara tuan rumah Roket FC melawan tim ternama, Persib Bandung. "Dulu waktu eranya pelatih Jajang Nurjaman, Persib satu tim main di sini pertandingan persahabatan lawan Roket FC. Sudah dua kali Persib main di sini," tutur Khusni.

Terbaru, lapangan sepakbola Roket Tegalgubug juga dipilih menjadi salah satu venue yang digunakan dalam ajang Liga 3 Seri 2 Jawa Barat 2022.

(iqk/iqk)