Taktik Jitu Budiman di Balik Kemenangan Persib Atas PSIS Semarang

Bima Bagaskara - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 07:30 WIB
Pesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kedua kiri) melakukan seleberasi usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang saat pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Persib Bandung (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Bandung -

Persib Bandung berhasil meraih kemenangan pertamanya di Liga 1 2022 dengan mengalahkan PSIS Semarang 2-1. Kemenangan di Stadion GBLA pada Sabtu (13/8) kemarin didapat berkat kecerdasan Budiman meracik strategi.

Budiman yang ditunjuk sebagai caretaker atau pelatih sementara usai mundurnya Robert Alberts beberapa waktu lalu merombak susunan pemain di laga menjamu Laskar Mahesa Jenar.

Dalam starting line up, mantan pemain Persija Jakarta ini memainkan kiper kawakan Made Wirawan sejak menit awal untuk menggantikan Teja Paku Alam yang cedera.


Menerapkan formasi 4-3-3, Budiman juga memasang Achmad Jufrianto untuk berduet dengan Nick Kuipers di jantung pertahanan. Di tiga laga sebelumnya, Nick selalu berduet dengan Rachmat Irianto.

Kali ini, Budiman mendorong Irianto sedikit ke depan untuk bermain sebagai gelandang bertahan. Di posisi bek kanan, Kakang Rudiyanto diplot menggantikan Henhen Herdiana yang masih cedera. Sedangkan di kiri, Daisuke Sato masih belum tergantikan.

Di lini tengah Budiman mempercayakan trio Timnas Indonesia. Selain Irianto, Marc Klok dan Ricky Kambuaya juga tampil sejak awal. Materi pemain di lini tengah Persib itu sama dengan trio gelandang timnas andalan pelatih Shin Tae Yong.

Di depan, kembalinya Ciro Alves membawa angin segar bagi Budiman. Usai pulih dari cedera, Ciro langsung dimasukkan ke starting line up bersama Frets Butuan dan David da Silva.

Komposisi pemain yang dibuat Budiman mampu merubah gaya bermain Persib. Tim berjuluk Maung Bandung ini tampil menyerang sejak menit awal pertandingan. Bahkan Persib berhasil unggul lewat gol penalti David da Silva.

Sayangnya usai memimpin 1-0, Persib kecolongan lewat serangan balik. Aksi individu pemain PSIS Taisei Marukawa mampu memperdaya Made Wirawan hingga skor berubah sama kuat 1-1.

Malam itu, Taisei Marukawa memang sangat merepotkan lini pertahanan Persib. Pemain asal Jepang ini berkali-kali mampu melewati Kakang dan membahayakan gawang Persib.

Sadar dengan hal itu, Budiman langsung memutar otak. Di babak kedua, Budiman mengganti Kakang dengan Dedi Kusnandar. Irianto yang sebelumnya berada di tengah digeser untuk mengawal Marukawa di babak kedua.

Rapatnya barisan pertahanan PSIS juga membuat Budiman mengganti Frets Butuan dengan Febri Hariyadi. Di babak pertama Frets tampak kesulitan menembus lini belakang PSIS.

Taktik tersebut berbuah hasil. Irianto mampu mengimbangi kelincahan Marukawa. Sedangkan Febri beberapa kali bisa menciptakan peluang lewat sisi flank.

Gol yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tercipta. Lagi-lagi David da Silva yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia mencetak gol keempatnya untuk Persib di musim ini setelah menerima umpan dari Kambuaya.

Budiman pun membeberkan taktiknya saat menggeser Irianto dan memasukkan Febri di babak kedua.

"Di babak pertama saya lihat dengan Rachmat Irianto posisi seperti itu kurang pas, terus saya lihat di lawan (PSIS) ada pemain Jepang (Marukawa) ya dia sangat bagus secara teknik, dan Kakang sebagai pemain muda agak nervous," kata Budiman, Senin (15/8/2022).

Menurutnya taktik yang dilakukan dengan menggeser Irianto dan memasukkan Febri serta Dedi membuat permainan Persib menjadi lebih hidup di babak kedua.

"Babak kedua Kakang diganti Dedi, Frets diganti Bow (Febri), posisi Irianto di kanan mengantisipasi pergerakan Marukawa dan Dedi di situ masuk dia sangat pas sekali, bisa menguasai lapangan tengah, merebut bola dan melepas umpan dan masuknya Dedi permainan Persib sudah mulai berjalan baik," ungkapnya.

Apa yang dilakukan oleh Budiman itu akhirnya berhasil memberikan kemenangan bagi Persib. Budiman pun bertekad untuk kembali membawa Persib meraih kemenangan di laga berikutnya menghadapi tuan rumah PSS Sleman pekan depan.



Simak Video "Persib Menang, Bobotoh Konvoi Lagi di Jalanan Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(bba/dir)