Liga 1

Ditekuk Persib 1-2, PSIS Sorot Keputusan Kontroversial Wasit

Bima Bagaskara - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 19:03 WIB
Pelatih PSIS Semarang Sergio Alexandre
Pelatih PSIS Semarang Sergio Alexandre (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Bandung -

PSIS Semarang harus mengakui keunggulan tuan rumah Persib Bandung. PSIS kalah 1-2 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (13/8/2022) sore.

Di laga ini, PSIS sempat tertinggal 0-1 saat David da Silva mencetak gol dari titik penalti di menit ke-25 setelah sebelumnya Jonathan Cantillana kedapatan menyentuh bola oleh wasit.

PSIS sempat menyamakan skor lewat gol Taisei Marukawa di menit ke-31. Taisei melakukan aksi individu di kotak penalti Persib sebelum akhirnya melepaskan tendangan mendatar.


David da Silva benar-benar jadi momok bagi PSIS di pertandingan hari ini. Pemain asal Brazil ini mencetak gol keduanya di menit 66 dan membawa Persib unggul 2-1.

Di akhir pertandingan, PSIS sebenarnya sempat mencetak gol yang diawali dari lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga. Namun wasit menganulir gol itu karena dianggap tak menyentuh pemain.

Usai pertandingan pelatih PSIS Sergio Alexandre mengatakan seharusnya gol penalti yang dicetak David da Silva tidak terjadi. Kata Sergio, Cantillana mengaku bola tak menyentuh tangan.

"Kita sudah menjalankan gameplan, situasi membuat kalah, situasi Jonathan (Cantillana) handball itu mengenai tulang rusuk," kata Sergio.

Soroti Gol dari Lemparan ke Dalam

Selain itu, ia juga mengomentari soal gol PSIS yang dianulir di menit akhir pertandingan. Menurutnya wasit berada dekat dan mampu melihat kejadian tersebut. Seharusnya kata Sergio, gol itu sah dan tidak dianulir.

"Wasit melihat di depan mata sebuah gol (seharusnya). Tapi yang sudah terjadi tiba-tiba berubah (dianulir)," ucap dia.

Meski begitu, Sergio mengaku akan melupakan kekalahan hari ini dan meminta anak asuhnya untuk fokus menghadapi laga berikutnya melawan Persik Kediri pada 18 Agustus mendatang.

"Saatnya menatap laga selanjutnya," tutup Sergio.

Sementara itu, pemain PSIS Shihabuddin mengaku kecewa dengan kekalahan ini. Tapi ia menjanjikan tiga poin di laga berikutnya untuk suporter PSIS.

"Tentunya kita kecewa, berharap fokus ke pertandingan selanjutnya untuk 3 poin selanjutnya," katanya.

(bba/yum)