Brace David da Silva Bawa Kemenangan Perdana untuk Persib Bandung

Bima Bagaskara - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 18:08 WIB
Pesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kedua kiri) melakukan seleberasi usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang saat pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto: Persib Bandung melawan PSIS di Stadion GBLA (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Bandung -

Persib Bandung berhasil mengalahkan PSIS Semarang di pekan keempat Liga 1 2022. Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (13/8/2022) sore tadi, Persib menang 2-1.

David da Silva jadi pahlawan kemenangan perdana bagi Persib di Liga 1 lewat dua golnya. Satu gol PSIS dicetak Taisei Marukawa.

Jalannya pertandingan:


Persib merubah sedikit komposisi pemainnya dengan memasukkan Febri Hariyadi. Febri masuk menggantikan Frets Butuan di awal babak kedua.

Selian itu, Dedi Kusnandar juga dimainkan. Dedi masuk menggantikan Kakang Rudiyanto. Masuknya Dedi membuat Rachmat Irianto digeser ke posisi bek kanan.

Persib menaikkan tempo pertandingan. Lewat sisi flank, Febri dan Ciro bergantian mengekploitasi pertahanan PSIS. Namun lagi-lagi, banyaknya pemain bertahan PSIS di kotak penalti membuat serangan Persib mentok.

Sebaliknya PSIS mengandalkan kecepatan dari Taisei Marukawa dan Wawan Febrianto untuk melancarkan serangan balik. Persib kerap kerepotan saat kedua pemain ini memegang bola.

Peluang pertama Persib di babak kedua didapat melalui tendangan bebas di menit 56. Namun bola tendangan Marc Klok membentuk pagar pemain dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

Persib akhirnya bisa mencetak gol juga. Lagi-lagi David da Silva yang menjadi pemecah kebuntuan Maung Bandung di menit 66. Memanfaatkan serangan balik, Ricky Kambuaya yang berlari di sisi melepaskan umpan matang ke David.

David dengan tenang tidak langsung melakukan tembakan. Ia lebih dulu memperdayai kiper dan tiga pemain bertahan PSIS sebelum melepaskan tendangan yang berbuah gol. Persib kembali unggul 2-1.

Gol David membuat tensi pertandingan semakin meningkat. Persib terus menekan PSIS. Tak mau kalah, PSIS mencoba menambah daya gedor dengan memasukkan Titus Bonai dan Rachmat Hidayat.

Peluang emas kembali didapat Persib di menit 73. Pergerakan Ciro yang menekan dari sisi flank mampu menarik para pemain bertahan PSIS. Ia kemudian melepaskan umpan kepada Febri Hariyadi. Sayang tendangan Febri masih tipis di sisi gawang.

PSIS bukan tanpa peluang, di menit 79 Jonathan Cantillana memiliki kesempatan mencetak gol. Tapi tendangannya dari luar kotak penalti masih melambung di tas mistar gawang.

Di menit-menit akhir pertandingan, Dedi Kusnandar ditarik keluar karena mengalami cedera dengan memasukkan Abdul Aziz.

Di lima menit terakhir, terjadi sebuah drama. PSIS sempat mencetak gol di menit 87 yang berawal dari lemparan kedalam Alfeandra Dewangga. Namun para pemain Persib memprotes gol itu lantaran dianggap tak menyentuh pemain manapun.

Hal ini mengakibatkan sedikit keributan karena para pemain PSIS tetap menganggap sah gol tersebut. Wasit akhirnya memutuskan gol Dewangga itu tidak sah dan skor tetap 2-1 untuk Persib Bandung.

Hingga peluit akhir peryandinhan dibunyikan, Persib mampu mempertahankan keunggulan. Inu jadi kemenangan pertama Persib di Liga 1 2022.

Susunan pemain:

Persib Bandung:
Made Wirawan (GK) (C), Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Daisuke Sato, Rachmat Irianto, Marc Anthony Klok, Ciro Alves, Ricky Kambuaya, Frets Butuan (Febri Hariyadi), dan David da Silva

PSIS Semarang:
Wahyu Tri Nugroho (GK), Frendi Saputra (C), Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Syiha Buddin (Guntur Triaji), Alfeandra Dewangga, Delfin Rumbino, Andreas Ado (Rachmat Hidayat), Wawan Febrianto (Titis Bonai), Taisei Marukawa, Jonathan Cantillana.

(bba/mso)