Fungsi Router Adalah: Memahami Jenis dan Cara Kerjanya

Fungsi Router Adalah: Memahami Jenis dan Cara Kerjanya

Adelaide Wreta - detikJabar
Sabtu, 10 Sep 2022 10:10 WIB
Ilustrasi Internet Pakai Biznet
Ilustrasi internet yang tersambung lewat router. Foto: Biznet

Router merupakan perangkat yang banyak digunakan di zaman modern ini. Penggunaannya sering ditemukan di kantor, rumah, sekolah, dan masih banyak lagi. Tanpa router, sulit untuk membagikan internet yang terpusat di satu titik saja. Sebenarnya, apa fungsi router? Yuk, baca artikel berikut ini!

Fungsi Router

Router memberikan berbagai fungsi yang berguna untuk kehidupan teknologi masa kini. Berikut adalah fungsi-fungsi yang dimiliki router menurut sejumlah sumber:

1. Menghubungkan sejumlah jaringan untuk menyalurkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router digunakan untuk menghubungkan satu LAN (local area network) dengan LAN lainnya, berbeda dengan switch yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan LAN.


2. Mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya dengan sistem kerja seperti Bridge.

3. Menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL atau DSL router dengan fungsi firewall untuk penapisan paket. Penapisan berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut. Umumnya, router yang memiliki fitur penapisan paket disebut sebagai packet-filtering router. Tidak semua router memiliki fitur tersebut.

4. Memblokir perlintasan data yang diberikan secara broadcast sehingga mencegah terjadinya broadcast storm yang menyebabkan kinerja jaringan lambat.

5. Membaca alamat logika atau IP address source and destination yang menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.

6. Menyimpan routing table yang menentukan rute terbaik dari LAN (local area network) ke WAN (wide area network).

7. Interfaces Ethernet, Serial, dan ISDN BRI.

8. Bisa menjadi "box" atau operating system yang menjalan sebuah daemon routing.

9. Perangkat di layer 3 OSI Layer.

Cara Kerja Router

Menurut Fatriawan, fungsi utama router adalah membuat rute untuk paket atau informasi. Router merupakan alat yang secara cerdas mengetahui rute atau perjalanan suatu informasi, apakah ditujukan ke host lain yang satu jaringan atau berada di jaringan yang berbeda.

Ketika suatu paket atau informasi diarahkan ke host pada jaringan lain, router akan meneruskannya ke jaringan tersebut. Sebaliknya, ketika suatu paket ditujukan ke host satu network, router akan menghalangi paket-paket informasi untuk keluar.

Setelah memahami jaringan router, dapat disimpulkan bahwa router adalah mesin yang digunakan untuk membagikan data, dokumen, dan lainnya secara mudah yang digunakan di perusahaan dan kantor untuk mempercepat proses kerja (pp. 3-4).

Perbedaan Router dan Modem

Setelah mengenal router, perlu diketahui juga bahwa router dan modem adalah dua hal yang berbeda. Mengutip nytimes.com, modem adalah kotak yang menghubungkan jaringan rumah ke jaringan atau internet yang lebih luas.

Sedangkan router adalah kotak yang memungkinkan semua perangkat berkabel dan nirkabel menggunakan koneksi internet tersebut sekaligus dan memungkinkan mereka untuk berbicara satu sama lain tanpa melalui internet.

Sementara itu, lifewire.com menjelaskan perbedaan router dan modem adalah modem terhubung ke internet, sedangkan router menghubungkan sejumlah perangkat ke WiFi. Berikut rinciannya:

1. Modem

- Menerjemahkan sinyal dari ISP.

- Menghubungkan langsung ke internet.

- Tidak mengatur jaringan lokal.

- Tidak bertanggungjawab atas WiFi.

2. Router

- Membangun jaringan lokal.

- Membuat dan mengelola WiFi.

- Membagi koneksi internet ke berbagai perangkat.

- Tidak memecahkan kode sinyal dari ISP.

- Memerlukan modem untuk terhubung ke internet.

Jenis Router

Router terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan dua hal, yaitu mekanisme dan pengaplikasiannya. Berikut adalah berbagai jenis router:

Berdasarkan Mekanismenya

Perangkat router dibagi menjadi dua jenis berdasarkan mekanismenya, yaitu:

1. Router Statis

Router statis adalah router yang memiliki tabel routing dengan kondisi statis atau tetap. Pengaturannya bersifat manual pada pihak administrator jaringan.

2. Router Dinamis

Router dinamis adalah router yang memiliki tabel routing dengan kondisi dinamis atau berubah-ubah. Jenis router ini membaca lalu lintas jaringan dan bisa saling berhubungan dengan beberapa router lainnya.

Berdasarkan Pengaplikasiannya

Terdapat tiga jenis router yang dibedakan berdasarkan pengaplikasiannya menurut Ridwan Fatriawan, yaitu:

1. Router Aplikasi

Router aplikasi adalah aplikasi yang bisa diinstal pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer dapat bekerja layaknya router, misalnya aplikasi WinGate, WinProxy, Winroute, dan SpyGate.

2. Router Hardware

Jenis router satu ini merupakan hardware yang berkemampuan seperti router sehingga dapat membagi IP Address. Router ini dapat digunakan untuk membagi jaringan internet dalam satu wilayah. Mislanya, bila router ini adalah access point, wilayah yang mendapat IP Address dan koneksi internet disebut HotSpot Area.

3. Router PC

Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi agar berfungsi layaknya router. Komputer yang digunakan tidak harus berspesifikasi tinggi, tetapi sebelumnya perlu diinstal dengan sistem operasi khusus router terlebih dahulu. Contoh sistem operasi populer untuk router PC adalah Mikrotik.

Itulah penjelasan mengenai router, perangkat jaringan yang digunakan untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet hingga ke tujuan melalui proses routing. Router memiliki berbagai fungsi yang memudahkan penyebaran internet. Jenisnya dibedakan berdasarkan mekanismenya dan pengaplikasiannya.



Simak Video "5 Browser untuk Menjelajah Deep Web"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)