Saran Hakim Agar Ceramah Habib Bahar Tak Lagi Jadi Perkara

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 12:41 WIB
Kepalan tangan Habib Bahar bin Smith  usia dituntut 5 tahun penjara
Foto: Habib Bahar bins Smith (Dony Indra Ramadhan/detikJabar).
Bandung -

Majelis hakim menjatuhkan vonis 6 bulan kepada habib Bahar bin Smith atas kasus ceramah Maulid Nabi di Bandung. Usai memberikan vonis, hakim memberi nasihat kepada Bahar.

Nasihat ceramah itu diberikan ketua majelis hakim Dodong Rusdani usai membacakan vonis di PN Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Selasa (16/8/2022).

"Mudah-mudahan dengan yang diucapkan ini, ya sebagai peringatan bahwa di dalam menjalankan tausiah harus lebih teringat lagi apa yang bisa jadi persoalan," ucap Dodong.


Dodong mengatakan Bahar disarankan untuk berkonsultasi dengan kuasa hukumnya apabila ingin menyampaikan ceramah dengan isu sensitif. Sehingga, nantinya dia tak lagi terjerat kasus.

"Apa yang jadi persoalan dibicarakan ke kuasa hukum. Saya yakin bila disaring tim kuasa hukum, Insya Allah tidak akan menimbulkan persoalan," kata hakim.

Dalam kesempatan itu juga, hakim memohon maaf kepada para pihak apabila selama proses persidangan ada hal yang kurang berkenan.

"Apabila dalam sidang yang begitu lama ada kata-kata kami dan karyawan kami kurang baik ke pengunjung sidang," katanya.

Sebagaimana diketahui, hakim menjatuhkan pidana 6 bulan penjara terhadap habib Bahar bin Smith. Bahar dinilai hakim menyebarkan berita yang belum jelas dan bisa berpotensi menimbulkan keonaran.

"Mengadili, menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa HB Assyaid Bahar bin Ali bin Smith dengan pidana penjara selama 6 bulan 15 hari," kata hakim.

Vonis yang diberikan majelis hakim tersebut lebih rendah ketimbang tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut Bahar dengan hukuman 5 tahun penjara.

Simak video 'Sopan di Persidangan Jadi Hal yang Meringankan Vonis Bahar Smith':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)