Sidang Doni Salmanan

Pengacara Bicara Keuntungan Korban Saat Sidang Eksepsi Doni Salmanan

Yuga Hassani - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 14:15 WIB
Sidang Doni Salmanan
Sidang Doni Salmanan (Foto: Yuga Hassani/detikJabar)
Kabupaten Bandung -

Pihak Doni Salmanan menuding korban dari kasus Quotex telah menerima keuntungan usai ikut bermain. Mereka dapat untung dari duit yang didepositokan pada platform tersebut.

Hal itu diungkapkan Ikbar Firdaus saat membacakan nota keberatan atau eksepsi atas dakwaan yang dibuat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bale Bandung dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, Kamis (11/8/2022).

Ikbar mengatakan JPU tidak menjelaskan secara rinci keuangan dari ratusan korban tersebut. Menurutnya para korban sempat melakukan penarikan dana.


"Dalam dakwaan JPU tidak diuraikan secara cermat mengenai ke 142 orang yang konon mengaku sebagai korban, apakah pernah mendapat keuntungan atau tidak dari total dana yang didepositkan, mengingat dari tabel perincian kerugian yang diuraikan JPU nyata-nyata para korban pernah melakukan penarikan dana (withdraw)," ujar Ikbar.

Menurutnya dari jumlah dana yang didepositkan terlihat jumlah deposit yang telah terpotong dan jumlah dana keuntungan yang telah ditarik (withdraw). Sehingga, kata dia, tidak jelas bagaimana cara perhitungan kerugian dari dana didepositkan yang diderita para korban dan pelapor.

"Jaksa dalam dakwaannya tidak menguraikan secara jelas berapa kali para pelapor mendepositkan dananya kepada platform Quotex dan berapa kali para pelapor tersebut melakukan permainan Quotex dan berapa kali para pelapor tersebut dalam keadaan menang atau kalah dan apakah sepenuhnya para pelapor itu selalu mengalami kekalahan tanpa pernah sekalipun mendapatkan kemenangan atau keuntungan," katanya.

Ikbar menjelaskan tidak semua trader mengalami kekalahan. Menurutnya banyak para trader yang mengalami kemenangan dari permainan Binary Option di platform Quotex tersebut.

"JPU dalam dakwaannya mendalilkan bahwa ada sekitar 25.000 pemain Binary Option di platform Quotex yang di bawah link affiliasi terdakwa, akan tetapi yang mengaku-ngaku sebagai korban dalam dakwaan hanya sekitar 142 orang," jelasnya.

"Sehingga jika dilihat dari presentasi tidak mencapai satu persen dari pemain Quotex yang konon di bawah link affiliasi Terdakwa," tambahnya.

Ikbar menyebutkan dari jumlah tersebut tak sebanding dengan korban yang melaporkan hanya 142 orang. Maka dari itu pihaknya mempertanyakan sisanya.

"Tentu logika hukum kita menjadi berpikir apakah kemudian 99 persen sisanya pemain Binary Option di platform Quotex yang dibawah link affiliasi Terdakwa mengalami kemenangan ? mengingat kekalahan dan kemenangan adalah menjadi dua sisi dari bagian permainan Binary Option di platform Quotex itu sendiri," pungkasnya.



Simak Video "Seputar Sidang Perdana Doni Salmanan Terkait Kasus Quotex"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)